Asosiasi Kabupaten dan Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) memberikan penghargaan Smart Sanitation Award (SSA)  pada lima kota pada gelaran City Sanitation Summit (CSS) XXI 2023 yang digelar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat.
 
Wakil Ketua Akkopsi sekaligus Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan penghargaan SSA diraih oleh Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Depok, Kota Malang, dan Kota Banjarmasin. Penghargaan itu diberikan berdasarkan sejumlah penilaian seperti akses air bersih, jamban bersih, dan lainnya.

Baca juga: Pemkab Bandung promosikan produk ekraf di Pertemuan Sanitasi Kota
 
"Bahwa urusan sanitasi itu urusan bersama dan lintas kementerian. Dan itu harus kita dukung terus, kita 'support' terus," kata Ibnu di Bandung, Jumat.
 
Selain itu, dia juga menyampaikan peraih penghargaan Sanitasi Sekolah Award untuk daerah terbaik, yakni Kota Denpasar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Sleman, Kota Tegal dan Kota Magelang.
 
Ibnu berharap, penghargaan yang diberikan itu bisa menjadi motivasi untuk daerah lainnya guna mewujudkan sanitasi yang layak dan aman bagi masyarakat.
 
"Untuk mengelola sanitasi aman dan sanitasi layak di masing-masing kabupaten dan kota, kita tidak bisa berharap sanitasi akan baik, kalau kesehatannya masih belum selesai. Kemudian air bersihnya, air limbah," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan gelaran CSS kali ini dengan Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah bisa memberikan hasil dan pengalaman dalam memperbaiki sanitasi di daerahnya.

Baca juga: Kabupaten Bandung ungkap makna logo City Sanitation Summit 2023
Dia mengaku tingkat kelayakan sanitasi di Kabupaten Bandung belum mencapai 100 persen. Untuk itu,  bakal memerintahkan agar semua wilayah dan desa-desa mengikuti arahan dan program-program terkait peningkatan kualitas sanitasi.
 
"Dengan sanitasi kita akan hidup sehat, nyaman. Insya Allah kita mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas," kata Dadang.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023