Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar siaran keliling atau sarling ke sejumlah titik di Kabupaten Bekasi untuk menyampaikan sejumlah pesan menjelang akhir masa jabatannya.

"Sarling cara kami mempublikasikan
kemajuan-kemajuan di Jawa Barat, dari mulai UMKM. Contohnya dalam hitungan bulan ada 5.000 pesantren seluruh Jabar yang sudah punya bisnis baru, jadi ini kemandirian luar biasa, ada bisnis baru hadir di pesantren," kata Ridwan Kamil di Kabupaten Bekasi, Kamis.

Sarling merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Ridwan Kamil hadir bersama istri, Wagub Uu Ruzhanul Ulum dan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Berbagai lokasi dikunjungi dalam kegiatan kali ini, mulai dari sekolah, pasar, objek wisata, hingga berdialog dengan para tokoh masyarakat. Ridwan Kamil sendiri menyusul di tengah rangkaian acara setelah terlebih dahulu mengikuti rapat kerja dengan Presiden Joko Widodo.

Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jabar sejauh ini telah berhasil menerima sedikitnya 525 penghargaan di berbagai bidang. Apresiasi ini membuktikan adanya perubahan signifikan yang dilakukan.

"Penghargaan yang kami terima menandakan ada sebanyak itu perubahan yang dihasilkan," ucap dia.

Dirinya mengatakan telah memasuki penghujung masa jabatan sebagai gubernur bersama Uu Ruzhanul Ulum selaku wakil gubernur. Lebih kurang 2,5 bulan lagi keduanya meninggalkan jabatan Jabar 1 dan Jabar 2.
Ridwan Kamil pun menitipkan sejumlah pesan kepada seluruh masyarakat, pejabat di tingkat kabupaten/kota, serta pejabat yang akan melanjutkan kepemimpinan dirinya di Jawa Barat.

Ridwan Kamil berpesan agar menjaga kondusivitas, terutama saat menghadapi tahun politik. "Tapi titip jaga kondusivitas, apalagi tahun depan tahun politik, juga di Bekasi tolong dijaga, kampanye yang damai dan baik," ucap dia.

Ia mengaku dalam selama masa kepemimpinan, berbagai hal telah dikerjakan. Meski demikian terdapat pula kekurangan yang perlu disempurnakan.

Fokus yang akan dilakukan di sisa masa jabatan adalah menyelesaikan kinerja yang telah digulirkan mengingat segala hal pencapaian sudah dilaksanakan.

"Dalam hitungan dua setengah bulan saya juga akan berakhir, saya titip lewat media mohon disampaikan Pak Gubernur banyak yang dikerjakan tapi yang kurang-kurang juga masih banyak. Yang kurang akan kami evaluasi, kami perbaiki termasuk aspal-aspal jalan. Segala hal masih perlu dikoreksi namun juga prestasi mohon diapresiasi karena perubahan yang dilakukan tidak sedikit," kata dia.


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023