Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, siaga penuh dalam mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau panjang sebagai dampak El Nino.

"Kami sudah memerintahkan semua personel untuk bersiaga penuh," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Purwakarta Juddy Herdiana, di Karawang, Jumat.

"Kami terus memonitor ketat kawasan hutan yang ada di wilayah Purwakarta. Monitoring dilakukan melalui tiga Pos Damkar yang berlokasi di Cikopo, Plered, dan Pos Damkar Wanayasa," ujarnya.

Ia menyampaikan 90 personel pemadam kebakaran saat ini berada dalam kondisi siaga penuh.

Selain personel, lanjut Juddy, semua peralatan utama pemadaman kebakaran telah disiapkan, meliputi satu unit mobil komando, lima unit mobil pemadam kebakaran, satu untuk mobil ambulans, empat sepeda motor trail untuk medan berat, dan peralatan pendukung lainnya.

Kesiapsiagaan pasukan pemadam kebakaran itu sekaligus untuk menghindari terjadinya peristiwa kebakaran yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan pada tahun 2022 kebakaran yang terjadi di kawasan hutan, perkebunan, dan lahan, mencapai 22 kali dengan jumlah total luas areal yang terbakar mencapai 17,26 hektare dari luas kawasan hutan yang ada di Purwakarta mencapai 60.609,83 hektare.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023