Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melakukan penyebaran benih ikan nila di embung air dan danau-danau di 17 kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Selain bermanfaat secara ekonomis dan ketahanan pangan hewani, ikan nila juga bisa menjadi sumber gizi yang baik bagi masyarakat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Selasa.

Ia menyampaikan, tingginya kandungan omega dari ikan nila, bisa membantu mencegah stunting yang kini menjadi perhatian pemerintah. Karena itu keberadaan ikan nila di danau-danau sekitar Purwakarta harus tetap terjaga.

"Kita sudah menyebar 100.000 benih ikan nila di sebuah danau di Kampung Mekarsari, Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta," katanya.

Menurut dia, hal tersebut merupakan awal dari restocking (penyebaran benih) ikan yang dimulai dari Desa Citalang yang kebetulan ada embung air atau danau.

"Setelah ini, nantinya masyarakat dapat memanfaatkan dengan cara dipancing dan sebagainya jika ikan sudah membesar. Sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan gizi hewaninya," katanya.

"Program ketahanan pangan bersama dinas perikanan dan peternakan ini akan dilakukan terus di situ-situ (danau) milik pemerintah lainnya seperti Situ Buleud, Situ Wanayasa dan Situ Cijunti," katanya. 

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023