Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencatat ada delapan medali emas yang berhasil diraih para atlet asal Kota Bandung yang bertanding di SEA Games Kamboja 2023.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan Kota Bandung merupakan daerah yang paling banyak berkontribusi untuk ajang SEA Games dengan mengirimkan 66 orang yang terdiri dari 39 atlet dan 27 pelatih serta ofisial.

Baca juga: KONI Kota Bandung sertakan 39 atlet setempat untuk SEA Games Kamboja

"Jadi total untuk Kota Bandung berkontribusi ini terbesar dari kota atau kabupaten lain yaitu dengan 66 orang dari Kota Kabupaten se-Indonesia," kata Ema di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Adapun delapan emas yang diraih oleh para atlet dari Kota Bandung itu yakni dari cabang olahraga basket putri, badminton putra dan putri, hoki indoor putra, karate putra, sepak bola, taekwondo putri, dan voli indoor putra.

Untuk tim basket putri, nama Clarita Antonio masuk sebagai pemain yang meraih emas. Kemudian nama Sohibul Fikri dan Amelia Cahaya Pratiwi yang menjadi andalan tim badminton Indonesia pun turut menyumbang emas.

Lalu tiga atlet dari Kota Bandung yakni Revo Priliandro, Candra Juli Pramesti, dan Prima Rinaldi Santoso, turut masuk sebagai tim hoki indoor Indonesia yang menyumbang medali emas dalam satu nomor pertandingan.
Kemudian di cabang olahraga karate, atlet asal Kota Bandung yakni Sandi Firmansyah berhasil meraih emas dari nomor pertandingan kumite putra perorangan 84 kilogram.

Selanjutnya yakni salah satu pemain dari cabang olahraga sepak bola yang turut menyumbang emas bagi Indonesia adalah Beckham Putra Nugraha. Pemain yang berasal dari klub Persib Bandung itu pun tercatat sebagai atlet asal Kota Bandung.

Baca juga: Siswa SMA Bandung sambut atlet hoki asal Jabar yang raih emas SEA Games

Sementara itu dari cabang olahraga Taekwondo, Megawati Tamesti Maheswari berhasil meraih emas dari nomor pertandingan kyorugi kelas 53 kilogram putri. Megawati pun menjadi satu-satunya atlet Taekwondo asal Indonesia yang meraih emas.

Dan yang terakhir yakni nama atlet Farhan Halim menjadi salah satu pemain pada tim voli indoor putra yang berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Secara total, jumlah atlet asal Kota Bandung yang meraih medali pada SEA Games 2023 itu berjumlah 30 orang. Selain 10 orang atlet dari 8 nomor pertandingan yang meraih emas, sisanya meraih perak dan perunggu.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023