Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat dan sejumlah serikat pekerja/buruh mengisi puncak peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023 dengan berbagai acara seperti liga futsal, pembagian sembako dan lain-lain.
 
"Kami menggelar acara ini untuk memberikan apresiasi kepada para buruh para pekerja yang terus menjaga kondusivitas dari hubungan industrial di Jawa Barat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi pada peringatan acara puncak May Day 2023, di Kota Bandung, Kamis.
 
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tanggal 1 Mei 2023 tidak ada aksi unjuk rasa di Gedung Sate maupun DPRD Jawa Barat, di Kota Bandung.
 
Serikat pekerja atau buruh dengan pemerintah sepakat mengisi peringatan hari buruh internasional dengan sejumlah kegiatan, seperti Liga Futsal May Day tahun 2023, mudik gratis bagi pekerja/buruh, pemberian sembako bagi pekerja ter-PHK, monitoring pelaksanaan pemberian THR.
 
Menurut Taufik, dunia usaha Jawa Barat merupakan lokomotif di Indonesia dan bila ada kejadian terkait dengan hubungan industrial maka yang terkena dampaknya bukan hanya Jawa Barat tapi Indonesia.
 
"Sehingga dengan kebersamaan ini tentunya harus kita tetap jaga kondusivitas dan teruskan komitmen bersama agar buruh sejahtera pengusaha maju dan Jabar Juara," kata dia.
 
Sementara itu, Ketua Kadin Jawa Barat Cucu Suara menambahkan, dengan momentum Hari Buruh Internasional diharapkan menjadi pengingat kehadiran LKS Tripartit antara pemerintah, pengusaha dan pekerja.
 
Perwakilan Serikat Pekerja di Jawa Barat Agus Koswara menambahkan pada tahun ini harus jadi tahun saling memberi antara LKS Tripartit untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis.
 
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023