Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung mengerahkan 450 personel untuk mendukung ketertiban dan ketenteraman Kota Bandung selama perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan anggotanya berjaga di sejumlah titik keramaian dan 15 pos pengamanan dan pos pelayanan, di antaranya Alun-Alun Bandung, Jalan Soekarno, Jalan Dalem Kaum, serta Jalan Asia Afrika.

Baca juga: Damkar Kota Bandung imbau warga antisipasi kebakaran rumah sebelum mudik

"Kami terjunkan 450 personel dan terbagi tiga kompi, Kompi Tibum, Taman, dan Linmas. Selama perayaan Idul Fitri, kegiatan Satpol PP ditingkatkan. Anggota Satpol PP akan mengawasi kegiatan pada titik-titik keramaian mulai H-1 sampai berakhirnya cuti Lebaran," kata Rasdian di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Selain penjagaan di titik-titik keramaian, lanjutnya, para petugas juga berpatroli dan memantau dengan aparat wilayah di jalan-jalan protokol Kota Bandung.

Dia menambahkan Satpol PP juga menyiagakan petugas linmas untuk mengurai kemacetan dan kerumunan serta menjaga ketertiban di sejumlah pasar tradisional, pasar kaget, dan tempat pemakaman umum (TPU).

"Kami juga membantu melaksanakan pengamanan bersama kewilayahan ke tempat-tempat pemakaman, seperti TPU Nagrog, Rancacili, dan lainnya; antisipasi masyarakat yang akan berziarah," tambahnya.
Rasdian mengatakan saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah, Satpol PP juga fokus kepada lima tempat wisata utama di Kota Bandung.

"Kami mengecek juga kawasan wisata di Kota Bandung, mulai Transtudio, Kiara Artha Park, Taman Lalu Lintas, Karang Setra, dan Saung Udjo," katanya.

Baca juga: Layanan terkait jenazah di Kota Bandung tetap buka selama libur Lebaran

Untuk keamanan dan ketertiban di wilayah pemukiman masyarakat saat Lebaran, pihaknya akan berpatroli keliling bersama dengan unsur kewilayahan. Selain itu, ia mengimbau bagi masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman agar melapor kepada pengurus RT dan RW setempat.

"Segera lapor agar rumahnya terdata dan akan dilakukan pengamanan oleh aparat setempat," ujar Rasdian.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023