Palang Merah Indonesia (PMI) membangun ratusan hunian sementara (huntara) bagi korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Hingga saat ini kami (PMI) sudah membangun 410 unit huntara yang tersebar di sejumlah desa terdampak," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam siaran pers yang diterima di Sukabumi, Jumat, (7/4).

Menurut JK sapaan akrab Jusuf Kalla, huntara tersebut dibangun untuk meringankan penderitaan para penyintas gempa Cianjur yang rumahnya rusak berat, hancur atau tidak bisa dihuni kembali.

Penyintas yang mendapatkan bantuan huntara ini sebelumnya telah dilakukan pendataan oleh tim asesmen PMI, kemudian diverifikasi. Diharapkan dengan adanya huntara ini, aktivitas warga bisa kembali normal.

Selain itu, dengan adanya huntara ini, warga tidak mudah terserang penyakit, karena jika terus menghuni tempat pengungsian dengan kondisi seadanya, dikhawatirkan mudah terserang berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, PMI juga terus berkomitmen dengan memberikan layanan selama enam bulan setelah gempa yang melanda Kabupaten Cianjur tersebut, atau sejak 21 November 2022.

Ada enam layanan yang difokuskan lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia tersebut, mulai dari pembangunan huntara, penyaluran air bersih.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PMI bangun ratusan hunian sementara di lokasi gempa Cianjur

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023