Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggelar acara Pesta Rakyat untuk memeriahkan peringatan hari jadinya ke-541 dengan mengadakan sejumlah hiburan, dan beragam produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami mengadakan beragam pesta rakyat, yang digelar mulai tanggal 5-19 Maret 2023," kata Wakil Ketua Panitia Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon Roniyanto di Cirebon, Senin.

Baca juga: Garut fokus bangun ekosistem digital untuk masyarakat

Menurutnya pesta rakyat yang digelar itu dipusatkan di kawasan Stadion Watubelah, Kabupaten Cirebon, di mana selama tanggal 5-19 Maret 2023, beragam pertunjukan seni dan budaya juga ditampilkan.

Selain itu lanjut Roniyanto, terdapat pula hiburan rakyat serta terdapat bazar produk pelaku usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Cirebon, baik makanan, cenderamata, maupun lainnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Cirebon, karena itu semua disuguhkan bagi masyarakat.

"Kami harap masyarakat bisa menikmati dan menghadiri. Semua kegiatan gratis tidak dipungut biaya, kecuali dua konser musik, hal ini untuk membatasi kunjungan, mengingat lokasinya juga terbatas," tuturnya.
 


Pesta rakyat tersebut kata Roniyanto, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di daerah itu, apalagi kegiatan tersebut sudah tidak ada selama masa pandemi COVID-19.

"Diharapkan dapat menjadi momen kebangkitan ekonomi. Ini menjadi momentum bangkit kembali setelah pandemi," katanya.

Baca juga: Disbudpar Cirebon dorong 22 desa wisata ikuti ADWI 2023

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut Pemkab Cirebon menggandeng sejumlah pihak untuk memeriahkannya, baik dari para seniman, pedagang malam, keamanan dan lainnya.

"Kegiatan kita ini pentahelix, semua dilibatkan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke-541," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023