Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat terus fokus memprioritaskan pembangunan ekosistem digital untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar mudah mendapatkan akses telekomunikasi sehingga segala program yang dicanangkan pemerintah bisa berjalan lebih optimal. 

"Kabupaten Garut ini kan dalam rangka menunjang ekosistem digital terutama, jadi kita masih memprioritaskan terkait dengan pembangunan ekosistem digital infrastruktur agar masyarakat di seluruh Kabupaten Garut ini dapat mengakses, ataupun memiliki akses terhadap telekomunikasi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Muksin melalui siaran pers di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan upaya mewujudkan program tersebut pihaknya membahas bersama Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan berbagai pemangku kepentingan untuk mensinkronisasikan perencanaan pembangunan.

Dalam forum itu, kata dia, dibahas tentang program prioritas sesuai dengan rencana kerja Diskominfo Garut tahun 2024 yakni ekosistem digital yang dinilai lebih menyentuh kebutuhan masyarakat.

"Jadi output nanti bagaimana agar perencanaan di tahun 2024 ini fokus kepada prioritas utama, terutama yang menyentuh kebutuhan masyarakat," kata Muksin.

Ia berharap adanya masukan dari pemangku kebijakan lainnya bisa lebih menajamkan prioritas program pembangunan ekosistem digital di Kabupaten Garut.

Selain program itu, kata dia, Diskominfo Garut juga menyiapkan kegiatan literasi digital, kemudian penguatan sistem informasi untuk pelayanan publik.
Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TPPD) Kabupaten Garut, Suherman menyatakan, kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari musyawarah rencana pembangunan tingkat desa dan kecamatan dalam rangka mewujudkan janji-janji politik Bupati dan Wakil Bupati Garut.

Ia berharap rencana dalam forum itu dapat mampu memberikan solusi, terutama pada peningkatan ekonomi masyarakat, penekanan kasus stunting dan kesehatan masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Sehingga tiga target itulah yang betul-betul direncanakan di 2024, itu betul-betul ekonomi masyarakat bisa berkembang dengan baik, sehingga diperlukan upaya dan usaha seluruh stakeholder daripada SKPD untuk mengerjakan kegiatan ke arah tersebut," katanya. 

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023