Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat mengabadikan nama Bupati Garut pertama R.A.A Adiwijaya menjadi nama Sarana Olahraga (SOR) yang memiliki standar internasional di lapangan Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul sebagai bentuk penghormatan dan mengenang selalu atas jasa-jasanya.

"Insya Allah namanya kami abadikan sebagai nama sarana olahraga," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat kegiatan ziarah ke makam Bupati Garut pertama di Garut, Rabu.

Baca juga: Polres Garut tetapkan dukun sebagai tersangka kepemilikan ladang ganja

Ia menuturkan ziarah ke makam Bupati Garut pertama itu menjadi agenda pokok setiap memperingati Hari Jadi Garut sebagai bentuk penghormatan, sekaligus mendoakannya.

Selain rutin ziarah, kata dia, bentuk penghormatan lain kepada pemimpin Garut sebelumnya yakni dengan mengabadikan namanya di tempat yang menjadi kebanggaan bagi Garut, di antaranya SOR di lapangan Ciateul.

Ia menyebutkan ada dua bangunan yang memiliki standar internasional dan diberi nama R.A.A Adiwijaya yakni SOR Akuatik yang berstandar Internasional dari Federasi Renang Internasional (FINA), dan kedua SOR Atletik yang sudah mendapatkan sertifikasi internasional dari Federasi Atletik International.

"Sehingga layaklah nama besar Bupati Garut yang pertama dijadikan sebagai nama sarana olahraga," katanya.
 

Ia menyampaikan jajarannya selama ini terus mendoakan seluruh Bupati Garut yang sudah meninggal dunia agar mendapatkan kelapangan di alam kuburnya, dan jasa-jasanya saat menjabat sebagai bupati menjadi amal baiknya.

Pemkab Garut, lanjut dia, berencana memperluas makam pahlawan untuk tempat pemakaman bagi mereka siapa saja yang terhormat dan sudah berjasa bagi Garut.

"Insya Allah di tahun 2024 kami akan menghadirkan untuk memperluas makam yang ada di Taman Makam Pahlawan di pusat kota Garut, ini untuk memakamkan orang-orang terhormat yang berjasa kepada Pemerintah Kabupaten Garut," katanya. 

Baca juga: Pemkab Garut dan pemangku kepentingan bangun desa wisata


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023