Antarajawabarat.com, 16/4 - Jawa Barat akan membangun pabrik pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan pakan di provinsi itu sekaligus untuk menekan harga komoditas peternakan yang kerap melonjak di atas batas kewajaran.

"Jabar akan membangun pabrik pakan ternak dengan produksi yang besar, rencananya akan dikelola oleh PT Agro Jabar yang merupakan salah satu badan usaha milik daerah di sini," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Ferry Sofyan Arif di Bandung, Selasa.

Menurut Ferry, proses pembangunan pabrik pakan ternak berskala besar tersebut mulai dibahas dan akan segera direalisasikan. Pakan ternak merupakan salah satu komodita yang vital untuk mendukung peternakan di Jawa Barat.

Selama ini pasokan pakan ternak di Jabar masih tergantung pada pabrikan besar dengan modal asing, sehingga kenaikan harga pakan sangat berpengaruh kepada kenaikan produk.

"Pasokan pakan ternak di Jabar saat ini tergantung pengusaha besar, padahal potensi Jabar untuk memiliki pabrik pakan sendiri sangat besar dan dipastikan berkembang," kata Ferry.

Ia menyebutkan, kenaikan harga komoditas peternakan saat ini selain akibat alur distribusi yang panjang, juga dipicu oleh harga pakan yang tinggi, selain itu bibit ternak juga tinggi karena mengandalkan perusahaan luar.

Ferry mencontohkan dalam tata niaga peternakan ayam pedaging, kenaikan pakan dan "day old chick" (DOC) yang dihasilkan perusahaan besar sangat berpengaruh terhadap tingginya harga produk daging maupun telur.

"Pabrik pakan lokal yang dikelola oleh BUMD Jabar ke depan diharapkan bisa menjadi solusi untuk memenuhi keterediaan pakan dari produk lokal," kata Ferry.

Setidaknya, kata dia pakan ternak produk Jabar akan menjadi alternatif pilihan para peternak sekaligus penyeimbang harga pakan ternak di pasaran, sehingga kenaikannya bisa lebih terkendalikan.

Terkait lokasi dan pelaksanaan pembangunan pabrik pakan ternak itu, Ferry menyebutkan hal itu masih dalam pembahasan di Pemprov Jabar, namun telah dilakukan pembagian tugas dan tahapan-tahapan untuk merealisasikannya.

"Mudah-mudahan bisa segera terealisasikan. Kehadiran pabrik pakan ternak lokal yang memiliki kualitas yang sepadan akan memberikan dampak positif bagi sektor peternakan di Jabar," kata Kepala Dinas Indag Jabar itu menambahkan.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013