Antarajawabarat.com, 12/4 - Regenerasi yang bergulir di kalangan pelaku usaha di sentra kaos dan sablon Suci di Jalan Surapati-Cicaheum Kota Bandung memperkuat eksistensi ikon produk unggulan Kota Kembang itu.

"Kaos san sablon dari Sentra Suci sudah menjadi salah satu ikon produk unggulan di Bandung, regenerasi yang mereka lakukan cukup bagus sehingga memperkuat eksistensi mereka dalam mempertahankan pasar," kata Calon Wakil Wali Kota Bandung H Erwan Setiawan di Bandung, Jumat.

Menurut Erwan, sentra kaos suci merupakan salah satu ciri khas produk kreatif Kota Bandung yang terus berkembang dan saling melengkapi antar generasi.

"Bila sebelumnya mereka melakukan produksi secara manual dan tradisional, kini mereka sudah berkembang menggunakan teknologi dan memanfaatkan fasilita IT untuk pengembangan usahanya," kata Erwan.

Sistem regenerasi dan peran sebagai kawasan atau sentra kaos sudah bergulir dan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki komunitas lain di kota-kota atau daerah lainnya.

"Sebagian besar jejaring bisnis mereka sudah terjalin luas, memanfaatkan internet dan IT. Selain itu pengayaan produk itu makin komplit dengan bergabungnya tenaga-tenaga muda yang kreatif," kata Erwan.

Erwan yang juga Ketua DPRD Kota Bandung itu menyatakan sentra kaos Suci masih bisa berkembang dan meningkatkan omsetnya sekaligus merebut pasar yang masih terbuka.

Keunggulan sebagai pionir dan berada di Kota Kreatif Bandung, menjadikan peluang sentra kaos Suci lebih besar dibanding lainnya.

"Setelah melakukan kunjungan dan berdialog, fasilitasi pemerintah daerah perlun ditingkatkan lagi. Sinergitas dengan pemerintah diperlukan untuk menjadikan sentra kaos Suci dapat mengambil momen pasar yang lebih luas," kata Erwan.

Secara khusus, Erwan blusukan ke gang-gang sentra produk kaos dan sablon Suci Kota Bandung. Ia menyempatkan diri melakukan dialog dengan para pengrajin yang saat itu sedang mengerjakan pesanan dari luar kota.

"Perlu ada ada fasilitasi dari pemerintah, termasuk dengan kenaikan TDL perlu ada fasilitasi dan subidi bagi mereka. Pengembangan kawasan sentra kaos Suci merupakan salah satu program kerja kami nanti," kata Erwan Setiawan.

Pada kesempatan itu, Erwan juga menyampaikan masukannya kepada pelaku usaha di sentra kaos Suci, salah satunya dengan memaksimalkan peran koperasi, dimana saat ini komunitas mereka telah memiliki koperasi, yang merupakan salah satu koperasi yang dinamis di Kota Bandung.

"Jalinan bisnis dikalangan pelaku usaha di Suci sudah terjalin, meski dari sisi IT perlu terus mengikuti perkembangan, sehingga produknya bisa lebih berdaya saing," kata Erwan yang pada kesempatan itu juga mengusulkan adanya ruang publik bagi produk-produk sentra kaos Suci itu.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013