Antarajawabarat.com,11/4 - PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jabar resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Hotel Hilton Bandung, Kamis, BUMD baru milik Pemprov Jabar ini diharapkan menjadi solusi bagi pelaku usaha Jawa Barat.

Direktur Utama PT Jamkrida Jabar HM Syahrul David di Bandung Kamis, menuturkan tujuan pembentukan PT Jamkrida Jabar adalah untuk memberikan jasa penjaminan kredit kepada Koperasi dan KUKM dan meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah.

Selain itu BUMD ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah serta memberikan manfaat terhadap jumlah tenaga kerja yang ada di Jawa Barat.

"Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi PT Jamkrida Jabar untuk memikul amanah mulia dalam membantu penguatan permodalan kegiatan dunia usaha khususnya bagi KUKM," kata Syahrul.

Ia menuturkan, untuk melaksanakan tujuan tersebut, PT Jamrida Jabar melalui beberapa kegiatan usaha seperti penjaminan kredit mikro, penjamin kredit umun, pinjaman yang disalurkan koperasi kepada anggotanya.

"Lalu penjaminan kredit konstruksi pengadaan barang dan atau jasa, penjaminan bank garansi, surety bond dan penjaminan lainnya sesuai ketentuan peraturan perundangan-perundangan," katanya.

Selain itu, lanjut Syahrul, untuk meningkatkan produktivitasnya PT Jamkrida Jabar juga melakukan kerjasama dengan mitra kerja yang merupakan target market yakni Lembaga Perbankan dan Lembangan Keuangan Non Bank Lainnya.

Dikatakannya, besarnya potensi kegiatan KUMKM di Jabar yang memberikan kontribusi terhadap PDRB non migas sebesar 60,86 persen kadang menemukan kendala seperti tidak adanya izin usaha resmi dan agunan serta menemui kriteria kredit yang ditetapkan oleh perbankan dan suku bunga kredit sehingga KUMKM tidak dapat mengakses ke dunia perbankan.

"Dan Alhamdulilah, melalui Perda Nomor 9 Tahun 2011 tentang Perusahan Penjamin Kredit Daerah Jabar mendapatkan amanah untuk membantu memberikan solusi bagi masalah ini, khususnya koperasi dan UMKM guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,"kata dia.

Ia menambahkan, dalam pengelolannya PT Jamkrida Jabar dipimpin oleh Dewan Komisaris yang terdiri dari Rodhiallah (Komisaris Utama), Hendra Iskandar Lubis dan Teguh Budiman.

"Sedangkan dalam tataran operasional PT Jamkrida Jabar dinahkodai oleh saya (HM Syahrul) selaku Dirut, Asep Gunawan Sirad sebagai Direktur Operasional dan Ronald H Sinaga (Direktur Keuangan)," katanya.***3***Budi Suyanto

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013