Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, menggelar simulasi kebakaran dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di halaman Gedung Sate, Kota Bandung Jumat.
 
Simulasi tersebut disaksikan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi dan OPD lain dan perwakilan beberapa perusahaan.

Baca juga: Gubernur Jabar: Revitalisasi Situ Gede Bogor upaya tingkatkan ekonomi warga
 
Simulasi dilaksanakan di dekat tiang bendera halaman Gedung Sate, dan sejumlah petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan kobakaran api yang menyala di sebuah ruangan berukuran sekitar 2 x 2 meter.
 
Dalam simulasi tersebut juga tampak beberapa orang yang terluka dan alami patah tulang yang saat itu segera ditangani oleh tenaga medis.
 
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berpesan kepada perusahaan agar jangan lalai dalam memperhatikan sarana dan prasarana tempat kerja, termasuk sumber daya manusia harus paham tentang K3.
 
"Jadi simulasi ini supaya jadi contoh agar siap kapan dan di mana ada hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.
 
Wagub Jawa Barat Uu menuturkan simulasi ini jangan jadi seremonial saja tapi harus diterapkan di perusahaan atau pemerintahan dengan mengutamakan K3 sebagai kesiapsiagaan atau sedia payung sebelum hujan.
 
"Ini karena kita tidak tahu apa yang terjadi ke depan," kata dia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi mengatakan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional diperingati setiap tahun mulai tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2023.
 
Taufik mengatakan maksud dan tujuan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023 adalah untuk memasyarakatkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3.
 
"Karena sering kali kita lupa bahwa dalam nikmat yang kita rasakan berupa nikmat selamat dan sehat merupakan wujud perilaku atau budaya K3 yang baik. Pada akhirnya ketika seluruh lapisan masyarakat memiliki budaya K3 yang baik yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan terus menurun," katanya.

Baca juga: Akademisi: Pemprov Jabar harus perkuat program penurunan kemiskinan
 
Sementara itu, rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dimulai dari kegiatan yang bersifat strategis seperti Upacara Bulan K3 Tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2023 bertempat di Gedung Sate .
 
Upaya tersebut menghadirkan peserta dari unsur OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, para ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, seluruh Pengawas Ketenagakerjaan yang ada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat.
 
Kemudian pihak terkait di bidang ketenagakerjaan, seperti Asosiasi K3, Balai K3 Bandung, Asosiasi/Perkumpulan PJK3 Bidang Pemeriksaan dan Pengujian dan Bidang Pembinaan/Pelatihan, Penguji K3, P2K3 di Wilayah Provinsi Jawa Barat, Rumah Sakit Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, serta perwakilan perusahaan di wilayah Provinsi Jawa Barat.
 
Puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tingkat provinsi Jawa Barat diagendakan akan dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 12 Februari 2023 dan rencana tempat di Trans Studio Mall Bandung.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023