Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat bakal melakukan perbaikan untuk akses jalan utama menuju objek wisata pegunungan yakni jalur ke Gunung Papandayan dan Talaga Bodas yang ditargetkan selesai sebelum Hari Raya Lebaran tahun ini.

"Kita akan melanjutkan (perbaikan) ke objek wisata," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Kamis.

Rudy Gunawan menyebutkan objek wisata yang dialokasikan anggaran perbaikannya tahun 2023 yakni jalan menuju objek wisata Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

Selanjutnya, kata Bupati, jalan sepanjang 5 km menuju objek wisata Talaga Bodas yang secepatnya diperbaiki agar pengunjung nyaman saat melewati jalur itu.

"Satu ke Gunung Papandayan tuntas, kedua Talaga Bodas hanya 5 kilometer, ke sananya kan bagus," kata Rudy.

Ia menyampaikan perbaikan lainnya jalan utama menuju kawasan wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi yang secepatnya kondisi jalan akan mulus dilalui kendaraan bermotor.

"Insya Allah sebelum Lebaran, satu adalah menyelesaikan dari STM sampai yang sekarang itu Bagendit, itu mulus," katanya.

Bupati mengungkapkan Pemkab Garut sudah menyiapkan anggaran untuk melakukan perbaikan jalan yang tidak hanya jalan menuju wisata, melainkan di jalan utama lainnya termasuk perkotaan Garut.
Ia menyebutkan sejumlah ruas jalan yang ditargetkan akan dituntaskan sebelum Hari Raya Idul Fitri yakni melanjutkan perbaikan Jalan Samarang sampai Palnunjuk, dan Jalan Sukawening sampai Cibatu.

Selanjutnya Jalan Bungbulang menuju Mekarmukti, kemudian Jalan Tegal Gede menuju Condong, dan Karangsari, lalu sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Garut yang dialokasikan anggarannya khusus di Garut Kota sebesar Rp10 miliar.

"Pusat kota ada beberapa ruas, dianggap satu kota itu satu ruas seperti Mandalagiri senilai Rp10 miliar untuk perkotaan," katanya.

Ia menyebutkan total anggaran perbaikan jalan di Garut sebesar Rp110 miliar dengan panjang jalan yang diperbaiki sekitar 80km tersebar di sejumlah kecamatan.

"Kita ada di Rp110 miliar, khusus infrastruktur jalan, kita akan banyak, total seluruhnya sekitar 80 kilometer," kata Rudy.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023