Antarajawabarat.com,28/3 - Batik tulis tradisional motif larsem ciri khas Ciwaringin Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, cukup diminati oleh pengunjung pameran hari ulang tahun Kabupaten Cirebon.

Suharti, salah seorang pengunjung pameran HUT Cirebon, Kamis, mengatakan, batik tulis tradisional larsem khas Ciwaringin memiliki keunggulan yakni motif natural yang mendominasi kain tersebut ditambah pewarna alam menjadi daya tarik pengunjung.

Ia menambahkan, batik khas Ciwaringin perlu dilestarikan karena tidak semua daerah memilik ciri khas batik tersebut, selain itu bahan alam ramah lingkungan.

Sementara itu Kartinah pedagang batik tulis tradisional Larsem mengatakan, permintaan akan batik tulis ciri khas Ciwaring yakni motif larsem terus mengalami peningkatan, seperti dalam pameran memperingati ulang tahun Kabupaten Cirebon.

Ia menambahkan, batik larsem diminati pengunjung karena memiliki keunggulan yakni bahan sutra lembut dan pewarna alami, perajin di Ciwaringin mempertahankan penggunaan nabati mereka tidak menggunakan bahan kimia.

Sementara itu H. Ason Sukasa Wakil Bupati Cirebon menuturkan, Festival Batik Fashion Carnaval dan Kepariwisataan 2013, diharapkan bisa mendongkrak pesanan batik sehingga tetap lestari.

Busana batik yang disajikan oleh peserta sangat variatif, kata dia, model dan coraknya menarik perhatian pengunjung. Dirinya minta generasi muda mencintai kreasi warga Cirebon yang sudah mendunia.

Dalam festifal tersebut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dudung Mulyana, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga H. Asdulah beserta unsur Muspida, sedangkan Wakil Bupati Ason Sukasa secara resmi membuka Pameran Festival busana batik.***3***
Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013