Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Iman Supriadi mengatakan penggunaan identitas kependudukan digital atau KTP digital merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi adanya kelangkaan blangko, dan saat ini terus disosialisasikan.

"Kami terus melakukan sosialisasi terkait identitas digital. Dan ini juga menjadi salah satu solusi ketika tidak ada blangko KTP," kata Iman di Cirebon, Rabu.

Baca juga: Pemkab Cirebon bangun Mal Pelayanan Publik

Iman mengatakan penggunaan KTP digital diutamakan kepada warga yang sudah melakukan perekaman, namun mengalami perubahan data atau kerusakan KTP.

Menurutnya peralihan menjadi KTP digital sudah dilakukan sejak 18 November 2022 lalu, sehingga, pihaknya saat ini sudah menyasar sekitar 2.000 lebih warga Kabupaten Cirebon.

"Sehingga nantinya warga cukup membawa telepon genggam saja. Tidak perlu bawa yang fisiknya," ujarnya.
Iman menambahkan, untuk bisa menggunakan KTP digital ini, warga harus memiliki telepon genggam berbasis android dan mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

Nantinya, lanjut Iman akan diarahkan untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email serta nomor handphone. Setelah mengisi data, kemudian dilanjutkan untuk melakukan swafoto.

Baca juga: Pemkab Cirebon kerja sama penempatan tenaga pertanian dengan Korea

Ia mencontohkan, jika pada saat foto perekaman KTP tidak menggunakan kacamata, maka tidak diperkenankan pula menggunakan kacamata saat pendaftaran diaplikasi ini.

Jika semuanya sudah diisi, maka nanti akan menerima nomor aktivasi yang dikirimkan melalui email. Nomor aktivasi ini, nantinya dimasukkan untuk melakukan proses selanjutnya.

"Proses selanjutnya, yaitu aktivasi akun. Untuk aktivasi akun ini, harus dilakukan melalui Disdukcapil atau kantor kecamatan terdekat. Karena nantinya akan dilakukan scan barcode, melalui sistem yang terkoneksi dengan satelit," katanya.
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023