Antarajawabarat.com,29/1 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berdebat dengan dua perwakilan Presidium Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C), beberapa saat setelah Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Selasa.

Kedua orang itu menagih janji Ahmad Heryawan yang akan memfasilitasi pembentukan Provinsi Cirebon, tapi, menurut mereka, belum ada langkah apapun dari Gubernur Jabar.

"Waktu dulu itu, Pak Gubernur berjanji akan mengawal pembentukan Provinsi Cirebon, meskipun hanya disetujui oleh tiga kabupaten/kota. Dulu Bapak kan yang bilang seperti ini saat dialog di rumah kami. Saya mau menagih janji Bapak," kata Ketua P3C Nana Sudiana kepada Ahmad Heryawan.

"Ya kalau kurang persyaratannya silakan hubungi bupati yang belum setujui. Nanti saya dianggap bodoh oleh pemerintah pusat enggak ngerti aturan pemerintahan," kata Heryawan dengan suara tinggi.

Menurut Heryawan, karena ada dua daerah yang belum setuju dengan pembentukan Provinsi Cirebon hendaknya P3C membereskan dulu masalah tersebut.

Dua daerah yang belum setuju itu adalah Majalengka dan Kuningan.

Hal ini, lanjut Heryawan dikarenakan syarat untuk pengajuan provinsi baru miniaml harus diajukan oleh lima kabupaten/kota.

"Kalau saya harus mengirimkan persyaratan pembentukan provinsi ke pusat tapi belum lengkap, nanti orang-rang pada ngetawain gubernur karena dianggap enggak tahu soal pemerintahan," kata dia.

Namun, kata Nana, Gubernur Jabar pernah berjanji akan mengajukan ke pemerintah pusat untuk membentuk Provinsi Cirebon walau hal itu hanya disetujui tiga daerah.

"Hal itu jawaban spontanitas. Tapi secara formal, sekarang itu pengajuan provinsi baru minimal harus disetujui oleh lima kabupaten/kota," kata Heryawan.***1***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013