Sebanyak 702 anggota pramuka perwakilan dari kota/kabupaten di Jawa Barat (Jabar) diturunkan untuk mengabdikan diri ke masyarakat melalui kegiatan sosial dalam rangkaian pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) di Bumi Perkemahan Bukit Sampalan, Kabupaten Garut.

"PWD hadir adalah untuk menunjukkan bahwa Pramuka adalah solusi, bahwa Pramuka harus mampu hadir di tengah masyarakat, menyentuh kebutuhan masyarakat," kata Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat pembukaan PWD Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar 2022 di Bumi Perkemahan Bukit Sampalan, Kecamatan Malangbong, Garut, Sabtu.

Ia menuturkan program kegiatan Pramuka sudah disusun luar biasa dengan agenda kegiatan sosial yakni membantu perbaikan lima rumah tidak layak huni, perbaikan jembatan, pembuatan penampungan air, rehabilitasi musala, dan penanaman pohon.

Selain itu, lanjut dia, dilaksanakan kegiatan bakti seperti program Pramuka Mengajar, dan berbagai kegiatan edukatif lainnya yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Kalian harus menunjukkan bahwa kalian adalah Pramuka-pramuka sejati, yang siap untuk hadir di tengah masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Garut yang sudah memfasilitasi dan kerja samanya dalam menyelenggarakan PWD Kwarda Gerakan Pramuka Jabar tahun 2022 yang diharapkan berjalan lancar dan menyenangkan.

Atalia juga mengingatkan kepada seluruh anggota Pramuka untuk memiliki karakter yang bertanggung jawab, dan memberikan manfaat bagi masyarakat kapan dan di mana pun.
"Ingat kacu Pramuka yang kalian kenakan, seragam yang kalian kenakan adalah mengandung tanggung jawab yang luar biasa, maka di mana pun kalian berada lakukan kebermanfaatan itu," katanya.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut juga sebagai Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan pelaksanaan PWD di Garut merupakan hari yang bersejarah, karena perwakilan Pramuka dari kabupaten/kota di Jabar berkumpul di bumi perkemahan di Malangbong.

Ia mengatakan kegiatan tersebut menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Garut, terlebih Pramuka merupakan mampu membentuk kepribadian orang lebih daripada yang lainnya, dan selalu relevan dalam kehidupan masyarakat di setiap zamannya.

"Dasa Dharma adalah komitmen Pramuka untuk bisa menjadi yang terdepan dalam kehidupan, baik di kehidupan sekolah masing-masing maupun di kehidupan masyarakat, karena Dasa Dharma adalah mulianya seorang Pramuka, komitmennya seorang Pramuka yang tentu kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

PWD Kwarda Gerakan Pramuka Jabar 2022 dilaksanakan mulai 19 sampai 24 November 2022 melibatkan 702 peserta dengan unsur kontingen kwarcab se-Jabar. 


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022