Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Yana Mulyana menyebutkan perlu peran dan semangat pemuda untuk mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, menurut dia, pemuda dengan karakter mulia perlu dikembangkan agar mereka mampu menghadapi situasi apapun di masa yang akan datang.

"Tentunya, dengan semangat pemuda, kita bisa melakukan pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. Semangat ini yang kita lakukan bersama," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Sumpah pemuda 94 tahun lalu jadi pegangan masa kini, kata Presiden Jokowi

Terlebih dengan adanya ancaman resesi yang terjadi pada 2023, Pemkot Bandung tidak bisa bekerja sendiri dalam mengendalikan inflasi.

"Kita juga perlu meningkatkan daya beli masyarakat, supaya roda perekonomian tetap berjalan. Peran pemuda sangat kita butuhkan dalam strategi tersebut," kata Yana.

Menurutnya, Pemkot Bandung juga terus hadir dalam upaya memberdayakan dan mengembangkan para pemuda menjadi insan kreatif, inovatif, kolaboratif, dan mandiri.
Di antaranya, kata dia, pihaknya menyediakan fasilitas berupa co-working space dan youth space yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan produktif para pemuda.

"Dua fasilitas ini menjadi opsi untuk para pemuda di Kota Bandung membantu meningkatkan ekonomi kita bersama," kata dia.

Pada peringatan Sumpah Pemuda ke-94, Pemkot Bandung mengadakan upacara bendera di Balai Kota Bandung. Kegiatan itu diisi oleh penampilan dari para pemuda yang berasal dari beragam suku dan budaya, di antaranya dari Nusa Tenggara Timur, Ambon, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

Baca juga: Sejumlah tokoh perempuan penting di balik Sumpah Pemuda

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022