ANTARAJAWABARAT.com,22/12 - Universitas Singaperbangsa (Unsika) Karawang dipastikan pada akhir 2012 berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Bila tidak ada apa-apa, sebelum pergantian tahun, Unsika bakal resmi sebagai PTN," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat berbicara di depan wisudawan Unsika di Kabupaten Karawang, Sabtu.

Sementara tiga PTS lain, kata Heryawan, yakni Universitas Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi, dan Universitas Gunung Jati Cirebon ditargetkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 2013.

Dikatakannya, perubahan PTS menjadi PTN adalah strategi untuk mempercepat perkembangan sebuah PTS tapi gagasan peralihan status sejauh ini baru disambut empat PTS.

Ia mengatakan, perubahan status terjadi bila PTS mampu memenuhi standar tertentu, yang meliputi kualitas sumber daya manusia (SDM) serta prasarana dan sarana perguruan.

"Salah satu prasarana dasar yang wajib dimiliki PTS yang bersangkutan yakni lahan minimal 30 hektar," kata dia.

Heryawan menuturkan, rasio penduduk Jawa Barat dengan jumlah PTN masih sangat timpang. Jabar yang berpenduduk sekitar 45 juta kini hanya memiliki lima PTN.

"Sedangkan Sumatera Barat yang hanya dihuni kurang-lebih 4,4 juta jiwa mempunyai tiga PTN. Begitu pula kalau dibandingkan dengan Sulawesi Selatan dan beberapa provinsi lain," kata dia.

Selain rasionya timpang, Heryawan menambahkan, lima PTN di Jabar yang masuk kategori perguruan tinggi unggulan menjadi incaran tamatan SLTA seluruh Indonesia, sehingga tidak sepenuhnya menampung putra-putri asal Jabar.

"Di Institut Teknologi Bandung, misalnya, hanya 25 persen mahasiswanya yang berasal dari Jabar. Selebihnya dari berbagai provinsi di seantero Tanahair. Jadi kita butuh munculnya PTN-PTN baru," kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, perubahan empat PTS yang kini berproses tersebut, nantinya berdampak pada sebaran PTN yang lebih merata dari sisi kewilayahan. Selama ini PTN Jabar berkedudukan di Bandung dan sekitarnya.

Pihaknya menambahkan, Unsika nantinya akan menampung lulusan SLTA dari Bekasi, Purwakarta, selain karawang sendiri, begitu pula bila Universitas Gunung Jati Cirebon juga telah menjadi PTN, akan menyerap putra-putri asal Cirebon dan sekitarnya. ***3***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012