ANTARAJAWABARAT.com,29/11 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meletakkan batu pertama untuk pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kamis, di interchange Rancakalong Desa Citali Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jabar.

"Untuk pembangunan Tol Cisumdawu ini, sekarang akan graundbreaking (peletakkan batu pertama)," kata Ahmad Heryawan, usai menghadiri Peringatan HUT Korpri ke-46, di Gedung Sate Bandung, Kamis.

Ahmad Heryawan dan dinas terkait saat ini sudah menuju tempat peletakan batu pertama di interchange Rancakalong, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) rencananya akan hadir dalam peletakkan batu pertama Tol Cisumdawu tersebut.

Tol Cisumdawu yang memiliki panjang sekitar 61 kilometer akan menghubungkan wilayah Bandung dengan Jawa Tengah, dengan tujuan untuk mengurangi beban Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro menyatakan penanganan teknis pembangunan Tol Cisumdawu akan dilakukan Kementerian PU.

"Kalau kami dari Pemprov Jabar, dalam proyek Tol Cisumdawu ialah melakukan pembebasan tanah dengan dana Rp100 miliar," kata dia.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mentargetkan tol yang membuat jarak tempuh antara Provinsi Jabar-Jateng lebih cepat ini akan ditargetkan akan selesai pengerjaanya pada tahun 2015.

Ia menjelaskan, pembangunan Tol Cisumdawu terbagi ke dalam enak tahapan, yakni mulai dari kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, sampai ke Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang, dengan panjang sekitar 16 kilometer.

Tahapan berikutnya ialah dari kawasan Tanjung Sari hingga ke kawasan Dawuan.***2***
Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012