ANTARAJAWABARAT.com,15/11 - Ratusan pelajar TK dan SD di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung mengikuti latihan manasik haji dalam rangka memeriahkan Tahun Baru 1344 Hijriyah.

"Selain latihan manasik haji, juga menanamkan dan memperkenalkan Tahun Baru Hijriyah kepada anak usia dini, jadi mereka tahu maknanya," kata Ny Aisyah, salah seorang pembimbing latihan manasik haji itu.

Kegiatan latihan manasik haji itu digelar di lapangan yang terletak di pinggir Sungai Cirasea. Para pelajar dengan seksama mengikuti instruksi dari pembimbing untuk melakukan thawaf mengelilingi bangunan yang menyerupai Ka'bah, kemudian sa'i atau berlari kecil serta melontar jumroh.

"Selain mengenalkan gerakannya, kami juga memberikan bimbingan doa yang dibacakan saat melakukan aktifitas saat berhaji," katanya.

Momen latihan manasik haji itu bertepatan dengan berakhirnya musim haji tahun ini. Para peserta mengenakan pakaian ihram lengkap dengan aksesoris kopiah haji.

Para orang tua yang mengantar juga seragam menggunakan pakaian putih-putih sehingga lapangan yang berukuran sekitar dua hektare itu menjadi lautan putih.

"Kegiatan ini rutin digelar setiap menyambut Tahun Baru Hijriyah," kata Aisyah.

Sementara itu, sejumlah sekolah di kawasan Bandung selatan menggelar acara Islami untuk menyambut Tahun Baru Islam, salah satunya menggelar pengajian dengan mendatangkan penceramah.

"Aktifitas sekolah memang libur, namun kegitan menyambut Tahun Baru Hijriyah tetap dilakukan, salah satunya untuk menanamkan kepada siswa jiwa yang baik dan tafakur," kata Zaenuddin, salah seorang guru SMP di Ciparay.***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012