Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengagumi tata cara keputusan Badan Musyawarah DPRD Jawa Tengah yang dinilai lebih ringkas. 

"Jadi tata cara keputusan Banmus di sini (Bamus DPRD Jateng) ternyata lebih ringkas daripada di tempat kami (di Bamus DPRD Jawa Barat)" kata Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanagara, di Bandung, Kamis.

Beberapa waktu lalu, DPRD Jawa Barat melakukan studi komparasi ke Kantor Gubernur Jawa Tengah dan mereka diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta jajarannya. 

Irfan memberikan apresiasi, terhadap tipe kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah yang patut dicontoh oleh banyak pemimpin di Jawa barat. 

"Beberapa tipe cara kepemimpinan yang di lakukan Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) yang perlu di contoh oleh pemimpin-pemimpin kami di Jawa Barat. Contohnya yaitu komunikasi, toleransi yang tentu ini juga didukung oleh jam terbang," katanya. 

Irfan menuturkan berdasarkan keterangan yang diterima pihaknya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diketahui bahwa demi terlaksananya penjadwalan Badan Musyawarah yang selaras perlu adanya komunikasi yang baik antara eksekutif dan legislatif. 

"Jadi untuk memudahkan penjadwalan mah gampang, kuncinya adalah komunikasi," ujarnya.


 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022