Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya memperluas pasar produk kuliner asal Kota Bandung untuk dijual hingga Texas, Amerika Serikat (AS), melalui kolaborasi dengan Kota Fort Worth.
 
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan hubungan baik antara Kota Bandung dan Kota Fort Worth sudah terjalin sangat baik sejak lama, sehingga kerja sama itu bisa bermanfaat bagi kedua kota.
 
"Kita bisa kerja sama membuka gerai produk potensi lokal kita seperti kuliner dan kriya, kita bisa buka gerai di sana (Fort Worth)," kata Yana di Balai Kota Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Selain kuliner, menurut dia, Pemkot Bandung juga menjajaki kerja sama untuk produk khas Kota Bandung seperti kopi, dan juga produk-produk kerajinan.
 
"Semoga dengan kolaborasi yang baik dan kerja sama di sektor strategis, agar Bandung bisa masuk ke pasaran untuk mendapatkan target pasar di Fort Worth," kata dia.
 
Sementara itu, Perwakilan Pemerintah Kota Fort Worth Alan Shuror mengatakan kedatangan Fort Worth ke Kota Bandung itu untuk kembali menindaklanjuti jalinan kerja sama yang telah dibangun.
 
Adapun hubungan Kota Bandung dan Fort Worth, Amerika Serikat telah terjalin sejak 2 April 1990. Alan memastikan akan terus berupaya membantu pemasaran produk-produk lokal Kota Bandung.
 
"Kita sangat menyambut baik. Ini salah satu dari esensi sister city, kita akan menghubungkan langsung dengan pelaku bisnis di sana, kita bisa koordinasi lebih lanjut melalui daring," kata Alan.
 
Selain itu, menurut dia, nanti akan dibentuk delegasi dari kedua belah pihak untuk merumuskan berbagai peluang kerja sama di bidang lainnya seperti penelitian, pendidikan dan ekonomi.
 
"Kita membentuk tim atau delegasi untuk bertatap muka secara langsung, melihat kota dan potensinya secara langsung dan dapat mengakselerasi kerja sama," kata Shuror.


 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022