Ratusan jamaah calon haji asal Cianjur, Jawa Barat yang tergabung dalam kloter 16 akan berangkat ke Tanah Suci dilepas bupati setempat, Herman Suherman dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) daerah itu, Senin (13/6).

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Cianjur Usep Muhamad Tammam di Cianjur, Senin, mengatakan sehari sebelumnya 404 jamaah calon haji dari berbagai kecamatan di Cianjur, sudah berdatangan diantar pihak keluarga.

Baca juga: Kemenag catat kuota haji 2022 untuk Cianjur 629 orang

“Jamaah calon haji kloter 16 diberangkatkan Senin malam, sebagian besar berasal dari wilayah selatan, sehingga sehari sebelumnya mereka sudah menginap di asrama yang sudah disiapkan Kemenag Cianjur," katanya.

Ia menjelaskan banyak calon haji yang tertunda keberangkatannya, karena pembatasan umur dan kuota. Pihaknya akan mengupayakan dapat diberangkatkan pada tahun 2023, bahkan pihaknya akan berupaya untuk menambah jumlah kuota tahun depan melalui pemerintah pusat.

"Sedangkan untuk tahun ini, calon yang dapat berangkat hanya 629 orang dari kuota awal 1.361 orang. Ratusan calon haji tersebut terbagi dalam dua kloter," katanya.
Ia menambahkan saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan keberangkatan calon haji yang tertunda.“Kepastiannya nanti setelah pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dan kami menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Bupati Cianjur Herman Suherman berharap calon haji yang berangkat diberikan kemudahan selama di Tanah Suci hingga kembali ke Cianjur menjadi haji yang mabrur. Pihaknya meminta jamaah dapat menjaga kesehatan diri dan rombongan serta mendoakan kemajuan untuk Cianjur.

"Untuk mereka yang berangkat semoga dimudahkan dalam keberangkatan sampai pulang dan menjadi haji mabrur. Kami juga mendoakan bagi yang belum bisa berangkat dapat disegerakan," ucapnya.

Baca juga: Kemenag Cianjur catat 1.361 calon haji batal ke Tanah Suci

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022