Bendung Katulampa Bogor yang alirannya ke Sungai Ciliwung mengalami  peningkatan dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 110 cm, atau  status siaga 3 dalam mengancam banjir di Jakarta pada Senin (6/6) malam. 
 
Petugas jaga Bendung Katulampa Jaenudin mengatakan, hujan yang turun dengan intensitas sedang hingga deras yang terjadi di kawasan Puncak Bogor dan wilayah Bogor sejak sore hari membuat tinggi muka arus air Sungai Ciliwung meningkat.
 
Status Siaga 3 di Bendung Katulampa dengan ketinggian 110 cm tercatat pada pukul 19.36 WIB. Diperkirakan derasnya air Sungai Ciliwung itu akan melintasi wilayah Jakarta pada malam hari.
 
Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, Senin (6/6) menyebutkan kawasan Puncak Bogor di Gadog, Cibinong, Kabupaten Bogor hingga wilayah Kota Bogor pada pukul 16.00 WIB mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sampai pukul 19.00 WIB. 
 
Di kawasan hulu Sungai Ciliwung yang berada di Puncak Bogor, hujan bertahan turun sejak sore dengan intensitas yang naik turun hingga pukul 19.00 WIB, membuat arus air sungai itu cukup deras hingga TMA mencapai status siaga 3.
 
BMKG memprakirakan cuaca akan cerah terjadi pada malam hari pukul 22.00 WIB dan selanjutnya. 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022