ANTARAJAWABARAT.com,13/7 - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menginstruksikan agar masyarakat turut berperan serta melestarikan pertandingan olahraga tradisional khas daerah di berbagai kesempatan.

"Masyarakat harus mengenal, melestarikan dan mencintai warisan tradisional khas daerah, dalam hal ini di Jawa Barat. Salah satunya olahraga tradisional sehingga ke depan potensi itu bisa dikembangkan," kata Gubernur di sela-sela penutupan Pekan Olahraga Pemprov (Porpemprov) Jabar di Bandung, Jumat.

Bahkan secara khusus, orang nomor satu di Jawa Barat itu meminta agar Porpemprov tahun depan mempertandingkan banyak cabang olahraga tradisional yang bisa dikembangkan menjadi olahraga yang diperhitungkan untuk dipertandingkan di ajang yang lebih besar.
"Ada beberapa cabang olahraga yang resmi dipertandingkan di ajang nasional bahkan internasional asalnya dari permainan dan olahraga rakyat, seperti kabbadi, pitang serta lainnya," kata Gubernur.

Di sisi lain, ia berharap para PNS khususnya para pengajar serta para orang tua untuk giat memperkenalkan budaya tradisional dan potensi daerah kepada generasi muda.

"Jangan sampai 'pareumeun obor' (punah)," katanya.

Terkait pelaksanaan Porpemprov, Heryawan berharap bisa meningkatkan kualitas sehingga ajang pertandingan olahraga itu bisa melahirkan atlet dari kalangan PNS.

"Porpemprov tidak hanya diikuti oleh atlet yang menjadi PNS, namun harus memunculkan PNS yang menjadi atlet," kata gubernur menambahkan. ***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012