Pemudik dan wisatawan memadati tempat wisata di Cianjur selatan, Jawa Barat, untuk melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke kota asal atau bersilaturahmi ke sejumlah kecamatan di wilayah selatan Cianjur.

Pantauan Antara Kamis, antrian kendaraan pemudik yang berbaur dengan wisatawan terlihat dengan laju tersendat di sepanjang jalur utama Cianjur selatan mulai dari Jalan Raya Naringgul, Cidaun dan Sindangbarang serta jalur Campaka-Cianjur, menuju obyek wisata seperti pantai hingga air terjun.

Tingkat kunjungan wisata ke tempat wisata yang ada di wilayah selatan Cianjur, mengalami peningkatan sejak hari kedua hingga H+2 lebaran, sehingga macet panjang sempat terlihat menjelang sore ketika tempat wisata tutup, pengendara dengan tujuan Bandung dari Naringgul, sempat terjebak selama dua jam.

H+2 lebaran, volume kendaraan dengan tujuan tempat wisata terus meningkat dengan laju kendaraan tersendat terlihat di Jalan Raya Cidaun tepatnya menuju Pantai Jayanti, Cidamar dan Jalan Raya Sindangbarang menuju obyek wisata Ocean View Karangpotong yang sedang viral.

Pengelola Ocean View Karangpotong, Deden saat dihubungi Kamis, mengatakan memasuki H+2 lebaran tingkat kunjungan meningkat tajam dari satu hari sebelumnya sebesar 30 persen atau 3.500 pengunjung dari berbagai daerah mulai dari Bandung, Garut Tasikmalaya dan Jabodetabek.

"Tingkat kunjungan sudah terjadi sejak hari kedua lebaran hingga saat ini, seiring tingginya angka kunjungan kami tetap menerapkan prokes ketat termasuk berkoordinasi dengan Polres Cianjur, untuk menyediakan gerai vaksinasi untuk pengunjung," katanya.

Hal senada terucap dari Ketua Kompepar Curug Cikondang, Sundara Saputra, mengatakan angka kunjungan didominasi pemudik yang hendak kembali ke kota asalnya masing-masing itu, mengalami peningkatan yang cukup tinggi H+2 lebaran mencapai 2.000 orang pengunjung.
"Peningkatan cukup tinggi hari ini lebih dari 500 orang pengunjung didominasi menggunakan kendaraan roda dua. Kami tetap mengimbau pengujung untuk menerapkan prokes ketat. Harapan kami angka kunjungan terus meningkat hingga dua pekan ke depan," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur, Pratama Nugraha, mengatakan selama libur panjang hari raya pihaknya merekomendasikan sejumlah tempat wisata di Cianjur selatan, mulai dari curug atau air terjun hingga wisata bahari di tiga kecamatan.

"Kita berharap libur panjang hari raya ini, dapat menjadi momentum pemulihan ekonomi sekaligus sebagai promosi tempat wisata yang ada di Cianjur. Berbagai peningkatan sarana dan prasarana termasuk infrastruktur akan dilakukan pemerintah daerah sebagai penunjang," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022