Polres Cianjur, Jawa Barat, mengaktifkan 12 pospam dan 12 gerai vaksinasi yang sudah dapat disinggahi pemudik atau warga untuk mendapatkan vaksinasi tambahan atau booster.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan saat dihubungi Senin, mengatakan memasuki H-7 seluruh pos pam dan 9 pos pelayan di sepanjang alur utama mudik Cianjur, sudah diaktifkan termasuk rest area atau tempat beristirahat bagi pemudik.

Baca juga: H-7 Lebaran volume kendaraan pemudik lintasi Cianjur mulai meningkat

"Di masing-masing pos pam selain disediakan tempat istirahat juga disediakan gerai vaksinasi bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin tambahan atau vaksin lengkap. Personil akan bertugas selama 24 jam secara bergantian," katanya.

Bagi pemudik yang menggunakan jalur Cianjur, dapat memanfaatkan lokasi pos pam untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan dan pihaknya menyarankan pemudik untuk memilih perjalanan pagi dan siang hari karena berbagai pertimbangan salah satunya faktor cuaca.

"Kita sarankan untuk memilih perjalan pagi dan siang hari karena faktor cuaca ketika sore dan malam hari masih sering turun hujan dengan intensitas tinggi, kurangnya lampu penerangan dan faktor keselamatan tentunya," kata Doni.
Pemudik dengan tujuan dekat seperti kota/kabupaten di Jabar dan luar Jabar, juga diimbau untuk memastikan kendaraan yang digunakan layak jalan sebelum melakukan perjalanan serta mengutamakan keselamatan saat berkendara dan berhenti ketika lelah di sejumlah rest area yang tersedia.

Baca juga: Dinkes Cianjur selidiki penyebab puluhan warga diduga keracunan takjil

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy, mengatakan untuk menunjang gerai vaksinasi di pos pam yang didirikan Polres Cianjur, pihaknya membantu penuh termasuk menyediakan tenaga kesehatan yang siaga di masing-masing pos pam yang ada.

"Kita juga akan mendukung penuh kegiatan pos pam selama musim mudik dan balik lebaran. Keberadaan gerai vaksinasi di masing-masing pos pam tertentu cukup membantu memudahkan pemudik dan warga untuk mendapat vaksinasi," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022