Kepolisian Resor Garut meminta pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan permasalahan di jalur mudik seperti memperbaiki kondisi jalan rusak dan penerangan jalan umum sebelum musim arus mudik Lebaran agar pengendara merasa aman dan nyaman saat melintasi jalanan di daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Setidaknya H-7 sebelum Lebaran itu sudah dipastikan jalan yang akan digunakan untuk mudik dan arus balik akan tuntas," kata Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono saat rapat koordinasi lintas sektor Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Ballroom Hotel Santika, Garut, Rabu.

Baca juga: Pemkab Bandung amankan jalur alternatif mudik ke Garut

Ia menuturkan, Kepolisian Resor Garut siap melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur mudik maupun melakukan upaya dan penindakan terhadap pihak yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Khusus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, Kapolres berharap Pemkab Garut dapat menyelesaikan semua sarana dan prasarana seperti jalan dan penerangan umum untuk kenyamanan pengendara saat di perjalanan.

"Termasuk penerangan jalan umum, nah ini kita harapkan bisa direalisasikan sebagaimana yang direncanakan," kata Kapolres.

Baca juga: Bupati Garut ingatkan pengelola hotel tidak naikkan tarif tinggi saat libur Lebaran

Kepala Bagian Operasi Polres Garut Kompol Iwan Setiawan yang hadir dalam rapat tersebut menambahkan, Operasi Ketupat di Kabupaten Garut akan disiapkan sejumlah pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu yang setiap pos disiagakan personel.

Ia menyampaikan Polres Garut juga menyiapkan Pos Gatur Wisata yang disiagakan di tempat wisata untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan juga mengatur arus lalu lintas kendaraan di jalur wisata.

"Ada pos pengamanan dengan sembilan pos pengamanan di beberapa Polsek baik itu Kadungora, dari Limbangan, Cilawu, Pameungpeuk, maupun Tarogong Kaler, dan dari Talegong," katanya. ***2***

Baca juga: Ikut vaksinasi COVID-19 di pusat kota Garut dapat minyak goreng gratis

Baca juga: PPP terus kumpulkan dukungan persiapan pemenangan Pilkada Garut

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022