Kantor Cabang Bulog Cirebon, Jawa Barat, menyediakan sebanyak 1.000 ton kedelai subsidi dari pemerintah yang disediakan bagi perajin tahu dan tempe di wilayah tersebut.

"Kita sediakan 1.000 ton kacang kedelai subsidi untuk perajin tahu dan tempe," kata Waka Pimpinan Cabang Bulog Cirebon Abdillah Luhur di Cirebon, Jumat.

Abdillah mengatakan Bulog Cirebon mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk mengadakan sebanyak 1.000 ton kacang kedelai bagi perjin tahu dan tempe yang tergabung pada Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) di wilayah kerjanya.

Baca juga: Pemkab Cirebon lantik 1.715 guru P3K

Menurutnya, subsidi yang diberikan oleh pemerintah sebesar Rp1.000 per kilogram, sehingga nantinya para perajin bisa mendapatkan harga kacang kedelai sesuai kemampuan mereka yaitu Rp10.250 per kilogram.

Saat ini lanjut Abdillah, harga kacang kedelai masih dikeluhkan oleh para perajin, sehingga pemerintah memberikan subsidi, agar usaha mereka bisa terus berjalan.

"Kita akan salurkan ke Kopti masing-masing daerah, seperti Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, dan Kuningan," tuturnya.

Abdilah menambahkan pengadaan kacang kedelai subsidi tersebut sudah mulai dilakukan mulai bulan April ini, sampai ada penugasan lebih lanjut dari pemerintah.
"Pengadaan sudah kita lakukan, dan ini dimulai pada bulan April," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Cirebon pastikan kepala dinas awasi penggunaan mobil dinas

Untuk mekanisme penyaluran dari Bulog Cirebon, lanjut Abdillah yaitu langsung melalui Kopti masing-masing daerah, sehingga Bulog hanya akan mengirimkan kepada Kopti, tidak satu per satu perajin tahu dan tempe.

"Yang membagi semua Kopti, kita salurkan kacang kedelai ini kepada mereka, tidak langsung ke perajin," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022