Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar uji emisi gratis di komplek perkantoran Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka menyambut HUT ke-25 daerah itu pada 10 Maret 2022.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk peran Dishub dalam memeriahkan HUT Kota Bekasi yang sudah memasuki usia perak," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Dadang Ginanjar di Bekasi, Rabu.

Baca juga: Dinas Sosial gelar bakti sosial sambut HUT Ke-25 Kota Bekasi

Dia mengatakan kegiatan uji emisi gratis itu hanya dilaksanakan selama satu hari ini saja dengan target 300 kendaraan berbahan bakar solar dan bensin.

"Bagi kendaraan pelat merah hasil uji emisi akan dilaporkan langsung ke BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kota Bekasi," katanya.

Dari 300 kendaraan yang ditargetkan, kata dia, tercatat sebanyak 279 kendaraan bermotor yang mengikuti uji emisi sampai batas waktu yang ditentukan.
Sebanyak 250 kendaraan berbahan bakar bensin dinyatakan lulus uji emisi sedangkan dua kendaraan tidak lulus. Kemudian 23 kendaraan berbahan bakar solar juga dinyatakan lulus sementara empat kendaraan berbahan bakar solar tidak lulus.

"Kami uji asas kepatuhan terhadap miliknya sendiri karena keselamatan berkendara adalah hal yang utama. Kami ingatkan bagi yang tidak lulus uji agar segera memperbaiki untuk perawatan demi keselamatan bersama," ucapnya.

Salah satu pengguna manfaat uji emisi gratis Tody (35) mengatakan kegiatan ini bermanfaat baginya yang memang sedang memerlukan pengecekan emisi berkala.

"Kendaraan saya bisa dibilang kendaraan jadul, terlebih lagi gratis, terima kasih kepada Dishub Kota Bekasi, semoga ke depan bisa menggelar kegiatan seperti ini lagi," kata dia.

Baca juga: 50 peserta ikut lomba membatik semarak HUT Kota Bekasi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022