ANTARAJAWABARAT.com, 31/12 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan tausiyah renungan kilas balik akhir tahun 2011 di hadapan 5.000 warga pada Muhasabah Kilas Balik Tahun 2011 yang diadakan oleh Harian Umum Republika, di Masjid Pusdai Jawa Barat, Sabtu malam.

Dalam ceramahnya Ahmad Heryawan menyampaikan kepada jemaah untuk memaknai semua yang telah terjadi selama tahun 2011 sebagai sebuah kebaikan.

"Apa yang terjadi di masa lalu, mari kita maknai sebagai kebaikan. Dan apa yang terjadi ke depan atau tahun depan kita maknai juga sebagai kebaikan," kata Heryawan.

Menurutnya, kehidupan umat manusia yang sesungguhnya ialah kehidupan setelah kematiannya.

"Hadirin yang berbahagia, kehidupan sesungguhnya bagi kita sebagai mukmin ialah kehidupan kita setelah kematian," ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada para warga yang memadati Masjid Pusdai Jabar agar memiliki rancang bangun apa yang akan dilakukan di tahun 2012 mendatang.

"Kita harus punya rancang bangun kehidupan masa depan kita atau di tahun depan, karena orang yang memiliki rancang bangun itu ialah orang mampu menundukkan hawa nafsunya," kata Heryawan.

Sekitar 5.000 orang lebih memilih mengisi malam pergantian malam Tahun Baru 2011 ke 2012 dengan mengikuti Muhasabah Akhir Tahun 2011 yang diadakan oleh Harian Umum Republika di Masjid Pusat Dakwah Islam Jawa Barat, Kota Bandung, Sabtu malam.

"Saya lebih memilih menghabiskan malam pergantian tahun baru ini dengan menghadiri acara Musahabah Akhir Tahun ini di Masjid Pusdai daripada dirayakan dengan pesta atau poya-poya," kata salah seorang warga Mimin.

Mimin menuturkan, alasan dirinya lebih memilih bermalam tahun baruan di masjid karena lebih banyak nilai positifnya.

"Di sini bisa sekalian muhasabah atau menerungkan apa yang sudah dilalui selama setahun kebelakang kemarin. Lumayan juga selain bisa mendengarkan ceramah dari ustadz ada hiburannya juga," kata Mimin yang datang bersama rombongan pengajian Majelis Talim Al Qomar.

Tak hanya para ibu, para remaja pun ada yang memilih menghabiskan malam pergantian tahun baru dengan kegiatan Muhasabah (Perenungan) di Masjid Pusdai.

"Alangkah lebih baik lagi, kalau dipenghujung tahun 2011 ini kita merenung di masjid ini atas apa yang telah kita lakukan selama setahun kemarin," kata salah seorang remaja putri Yolandha.

Muhasabah Akhir Tahun 2011 akan dibuka dan diisi siraman rohani oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.***6***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011