Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat, mulai hari Senin (17/1), akan melakukan vaksinasi penguat (booster) bagi lanjut usia (lansia) dan masyarakat rentan, dengan menggunakan vaksin jenis Pfizer.

"Mulai Senin sudah bisa dilaksanakan untuk vaksinasi penguat," kata Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilans Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi di Cirebon, Sabtu.

Baca juga: 70 ribu anak di Kabupaten Cirebon disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama

Dia mengatakan vaksinasi penguat akan dilakukan secara bertahap, di mana tahap awal akan dilaksanakan untuk sasaran prioritas yaitu lansia, dan masyarakat rentan.

Setelah semua disuntik vaksin penguat, nantinya baru akan menyasar ke kelompok lainnya, terutama yang butuh suntikan vaksin penguat.

"Vaksinasi penguat diberikan secara bertahap di mulai dari sasaran prioritas yaitu lansia dan masyarakat rentan," tuturnya.
Untuk vaksin penguat yang digunakan kata Dendi, yaitu vaksin Pfizer, karena saat ini jenis vaksin itu yang tersedia, sedangkan Moderna, dan Astrazeneca masih belum ada.

Saat ini, pihaknya masih terus mengebut vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun, yang ditargetkan selesai pada pekan depan. "Sepekan ke depan target kita selesai untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak," katanya.

Baca juga: Pemkot Cirebon lakukan vaksinasi penguat bagi pekerja layanan publik

Baca juga: Kota Cirebon targetkan vaksinasi anak 6-11 tahun selesai 21 Januari

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022