Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan dana sebesar Rp250 juta untuk membangun jalan sebagai akses menuju tempat wisata pelosok yakni wisata jelajah sungai atau 'river tubing' di Desa Jatisari, Kecamatan Cisompet, Garut.

"Pemda menganggarkan biaya untuk fasilitas termasuk anggaran akses jalan sebesar Rp250 juta," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak potensi wisata yang sudah  dikenal, maupun berada di pedalaman seperti wisata sungai di kawasan Muara Cibentang, Desa Jatisari, Kecamatan Cisompet.

Menurut dia kawasan wisata di pelosok selatan Garut itu perlu didorong karena memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi wisatawan, terutama yang senang berwisata alam terbuka.

Baca juga: Atasi NII, Pemkab Garut siapkan Satgas Anti-intoleransi

"Saya berharap ini bisa jadi destinasi wisata unggulan," kata Helmi.

Ia mengatakan kawasan wisata di Muara Cibentang itu akan maju dan bisa menjadi alternatif wisata yang lebih menarik dibandingkan objek wisata lain yang sudah dikenal di Garut.
Daerah itu, kata dia, tidak hanya menawarkan wisata sungai, melainkan memiliki daya tarik lainnya seperti jalur mobil off-road, perkemahan, dan pemandangan alam lainnya yang menarik menjadi spot foto.

Baca juga: BPBD Garut imbau waspadai potensi bencana saat puncak musim hujan

"Ini desa wisata yang komplit," katanya.

Sementara itu, wisata alam Muara Cibentang berada sekitar 70 kilometer dari kawasan perkotaan Garut atau bisa ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022