Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Jawa Barat memasang 13 kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah tempat untuk memantau mobilitas warga saat musim libur akhir tahun di kawasan perkotaan Garut.

"Terpasang sekarang baru 13 titik, titiknya mulai dari tempat wisata Sayang Heulang, kemudian di Pameungpeuk, kemudian di Wanaraja, beberapa di Garut Kota, kemudian di Garut utara juga seperti di Kadungora," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut Muksin di Garut, Jumat.

Baca juga: Pemkab Garut perketat pengawasan prokes di objek wisata pantai selatan

Ia menuturkan seluruh kamera pengintai yang sudah dipasang itu bertujuan untuk memantau langsung mobilitas masyarakat, terutama untuk kepentingan kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Seluruh kamera itu, lanjut dia, bisa diakses oleh masyarakat umum melalui aplikasi MCity yang merupakan aplikasi Smart City untuk mendapatkan informasi langsung kondisi terbaru di daerah Garut.

"Jadi nanti bisa keperluan menganalisa pergerakan orang, pergerakan kendaraan, kemudian juga untuk memantau kondisi situasi banjir dan sebagainya," kata Muksin.
Ia berharap, ke depannya jumlah pemasangan CCTV ini bisa bertambah di beberapa lokasi lainnya di Kabupaten Garut.

Selain itu, pihaknya akan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan dalam pemasangan CCTV tersebut sehingga bisa menjangkau lebih luas.

"Sekarang ini banyak juga seperti perusahaan-perusahaan yang memasang CCTV, kemudian ada perorangan dan sebagainya, kalau misalnya diperbolehkan, ya terutama untuk fasilitas-fasilitas yang mengarah ke tempat-tempat umum ini bisa berbagi pakai seperti itu," katanya.

Baca juga: Tempat wisata Garut kembali ramai di tengah PPKM Level 2

Baca juga: Pelaku wisata Garut diimbau perketat prokes jelang akhir tahun

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021