Pemkab Cianjur, Jawa Barat, mengusulkan pembangunan jalan layang (fly over) guna mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Raya Ciranjang, karena selama ini, kemacetan di jalan utama penghubung Cianjur-Bandung itu, belum ada solusi.

Bupati Cianjur, Herman Suherman saat menerima kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI Senin, mengatakan pembangunan fly over itu, satu-satunya solusi dari kemacetan yang membuat jarak tempuh menjadi lama menuju Bandung atau sebaliknya menuju Cianjur.

Baca juga: Dinas PUPR perbaiki jembatan gantung penghubung dua kecamatan di Cianjur

“Kita akan mengajukan pembangunan fly over di Ciranjang, sehingga kendaraan dari Bandung ke Cianjur atau sebaliknya dapat melintas tanpa harus terjebak macet di beberapa pertigaan di Pasar Ciranjang," katanya.

Pihaknya juga mengusulkan pembangunan atau perbaikan jalan vertikal Jabar Selatan dari Cianjur hingga Sindangbarang serta pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Palabuhan Jayanti, ditambah pembangunan lanjutan jalan lingkar selatan dan jalan Sinagar-Cipelah, Puncak II serta perbaikan jembatan gantung di Cianjur selatan yang belum tertangani.
"Kami berharap revisi undang-undang tentang jalan yang sedang di bahas Komisi V DPR RI, segera disahkan karena menjadi kabar gembira khususnya bagi Pemkab Cianjur, dalam membangun dan meningkatkan status jalan," katanya.

Baca juga: Dinas PUPR Cianjur diperintahkan perbaiki jembatan gantung putus

Pihaknya mencatat panjang jalan kabupaten dalam kondisi rusak sepanjang 1.300 kilometer, sedangkan panjang jalan desa sekitar 6.000 kilometer tidak dapat tertangani desa dan kabupaten, sehingga dengan undang-undang baru, diharapkan dapat ditangani pemerintah pusat.

Anggota Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, menjelaskan kunjungan kerja yang dilakukan Komisi V DPR RI ke Cianjur sebagai salah satu persiapan menjelang disahkannya revisi undang-undang tentang jalan.

“Ruas jalan provinsi, kabupaten kalau memang tidak mampu dilaksanakan gubernur atau bupati tingkat dua, maka bisa diintervensi pusat. Ini yang menarik, Bupati Cianjur sudah merespon dengan berbagai usulan, sehingga kita akan kawal dalam rangka meningkatkan daya ungkit perekonomian di Cianjur,” katanya.

Baca juga: Satlantas ingatkan pengguna jalan hati-hati saat melintas jalur rawan bencana di jalur Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021