Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih melakukan koordinasi terkait penerapan panduan aktivitas masyarakat saat libur Natal dan tahun baru 2021 yang telah diterbitkan Satgas COVID-19 pusat.
 
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 KBB Agus Ganjar Hidayat mengatakan saat ini kasus COVID-19 di KBB terus menurun dan perlu dipertahankan hingga akhir tahun dan setelahnya.
 
"Sementara (buku panduan dari Satgas pusat) akan dikomunikasikan dulu dengan pimpinan," kata Agus di Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis.
 
Kasus COVID-19 di KBB bisa terus menurun merupakan bukti dari adanya kedisiplinan masyarakat dan kerja keras semua elemen untuk mencegah virus tersebut.
 
Menurut Agus, tanpa buku panduan itu pun masyarakat di KBB dinilai sudah sadar akan bahaya COVID-19. Selain menerapkan protokol kesehatan, masyarakat juga perlu sadar akan pentingnya vaksinasi.
 
"Masyarakat perlu tetap waspada dan jangan kendor menerapkan protokol kesehatan," kata dia.
 
Sebagai daerah yang menjadi destinasi wisata, menurutnya, Satgas KBB juga terus mengawasi penerapan protokol kesehatan bagi wisatawan.
 
Menurutnya para wisatawan juga perlu terus menjaga situasi dengan berdisiplin menerapkan protokol kesehatan di saat kasus COVID-19 di KBB menurun sehingga kegiatan pariwisata dapat terus berjalan normal pada akhir tahun 2021.
 
Adapun dari data terbaru, kasus aktif COVID-19 di KBB saat ini berjumlah 18 orang. Sedangkan pada satu bulan lalu, atau 11 Oktober 2021, kasus aktif COVID-19 ada sebanyak 27 orang di KBB.

Baca juga: Bupati Bandung Barat minta warga tak lengah setelah PPKM Level 2

Baca juga: Bandung Barat targetkan vaksinasi capai 100 persen pada November

Baca juga: Cakupan vaksinasi COVID-19 di Bandung Barat sudah 54 persen

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021