Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada Jumat menyampaikan duka cita atas wafatnya Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI Kodrat Wibowo yang juga merupakan dosen aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi Kodrat Wibowo wafat pada Jumat pukul 12.05 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Dandi mengungkapkan, rasa belasungkawa turut dirasakan terutama oleh Keluarga Besar FEB.

"Semoga amal baiknya memudahkan perjalanan almarhum ke tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Dandi. 

Menurutnya almarhum bakal disemayamkan di rumah duka yang berada di Komplek Taman Yasmin Bogor berdasarkan informasi KPPU.

Hingga akhir hayatnya, Dandi mengatakan almarhum tengah mengemban amanat sebagai Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI periode 2020-2023.

Di bidang keilmuannya, dia menjelaskan Kodrat merupakan ahli ekonomi mikro, statistik dan ekonometrika, keuangan dan kebijakan publik, serta perencanaan pembangunan. Pendidikan Doktor pada bidang Ekonomi Publik diraih Kodrat dari Oklahoma University, Amerika Serikat, pada 2003.

Dandi juga menjelaskan Kodrat Wibowo juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen (Kadep) Ilmu Ekonomi FEB Unpad. Selama menjabat sebagai Kadep, Unpad berhasil masuk ke dalam lima kampus dengan subyek ekonomi dan ekonometrika terbaik di Indonesia.

Jabatan lain di luar karier akademiknya adalah Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Koordinator Jawa Barat, Wakil Direktur Lembaga Kajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP), dan Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Wening Kota Bandung.

Baca juga: KPPU masih temukan kelangkaan obat terapi COVID-19 dan tabung oksigen di daerah

Baca juga: Jawa Barat dan KPPU jalin kerja sama terkait sinergitas persaingan usaha

Baca juga: Pekerja industri semen sambut putusan KPPU soal praktik jual rugi semen Conch

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021