ANTARAJAWABARAT.com, 18/6 - Para siswa peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) asal Jawa Barat (Jabar) diharapkan bisa meraih prestasi terbaik diajang tersebut.

"Atas nama masyarakat Jawa Barat, saya mendoakan dan mendukung para peserta dapat meraih pretasi terbaik sekaligus mengharumkan nama baik Jawa Barat," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat melepas 35 peserta FLS2N di Bandung, Sabtu.

Gubernur mengatakan, tentu usaha meraih prestasi berupa medali akan diimbangi dengan apresiasi dari Gubernur. Para peserta harus menjadi yang terbaik dalam event nasional tersebut, katanya.

Ahmad Heryawan mengharapkan, para duta Jabar ini minimalnya mampu mempertahankan prestasi tahun lalu dengan menggondol sejumlah medali baik emas maupun perak.

FLS2N sendiri akan berlangsung di Kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai tanggal 20 Juni hingga selesai sekitar dua hari.

Heryawan menyatakan Pemprov Jabar sangat perhatian pada dunia pendidikan, karena dengan pendidikan yang baik dan memadai akan menghadirkan sumberdaya manusia (SDM) yang berdaya saing.

Apalagi, kata Heryawan, Provinsi Jawa Barat sangat membutuhkan SDM yang unggul guna menjalankan roda pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang Mandiri, Adil dan Sejahtera.

"Tanpa pendidikan yang baik maka sulit kiranya meraih prestasi yang gemilang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidkan Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi mengatakan, bahwa para peserta yang akan berangkat ke Makassar itu merupakan hasil seleksi di tingkat Provinsi.

"Di mana seleksi dimulai berjenjang dan mendapat pembinaan yang cukup dari daerah asalnya. Para peserta FLS2N tingkat Nasional ini merupakan para juara pertama FLS2N di tingkat Provinsi," kata Wahyudin.

Ia menjelaskan, untuk tingkat SMP akan mengikuti 8 mata lomba sedangkan untuk tingkat SD mengikuti 3 mata lomba.

Kedelapan mata lomba tingkat SMP itu antara lain, menyanyi solo, vokal grup, kriya, membaca Al-Quran, musik tradisionil, seni tari, bercerita dan membaca cerpen.

Sedangkan untuk tingkat sekolah dasar (SD) yang dilombakan antara lain menyanyi solo, pidato Bahasa Indonesia dan cerita bergambar.

"Mudah-mudahan para peserta mampu meraih minimal 2 medali emas seperti tahun lalu. Apalagi tahun ini nampaknya persaingan akan lebih ketat dan kompetitif," kata Wahyudin Zarkasih.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011