Bandung, 4/4 (ANTARA) - Pesawat berbadan bongsor, Airbus 320 (A-320) dipastikan akan mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Selasa (5/4).

"Rencana pengoperasian A-320 ke Bandara Husein merupakan langkah strategis untuk arus angkutan penumpang maupun barang. Pendaratan pesawat ukuran besar itu sudah lama kita tunggu," kata Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan di Bandung, Senin.

Pesawat A-320 yang akan dioperasikan maskapai penerbangan Air Asia tersebut akan melakukan uji coba pendaratan besok pukul 09.30 WIB sekaligus menjadi pendaratan bersejarah dimana bandara di Kompleks TNI-AU tersebut didarati oleh pesawat berbadan lebar.

Rencananya Air Asia akan mengoperasikan tiga unit pesawat Airbus 320 berdaya angkut 180 penumpang itu, yakni dua jadwal penerbangan Bandung - Kuala Lumpur dan satu penerbangan Bandung - Singapura.

Rute tersebut selama ini dilayani oleh pesawat Boeing 307, okupansi jalur itupun cukup prospektif dengan rata-rata penumpang sebanyak 550 orang per harinya.

Pendaratan pertama pesawat A-320 tersebut dilakukan esok hari, sedangkan penggunaan resmi untuk angkutan penumpang akan dilakukan pada 15 April 2011 mendatang.

"Diharapkan peningkatan kapasitas angkut tersebut berdampak untuk mendorong sektor perhubungan maupun pariwisata di Jawa Barat, yang pasti kehadiran pesawat ukuran besar itu akan mendorong maskapai penerbangan lainnya masuk ke Bandung," kata Gubernur.

Rencana penggunaan pesawat A-320 ke Bandara Husein itu tidak lepas dari upaya peningkatan landasan (overlay) yang dilakukan pihak pengelola bandara itu di akhir 2010 lalu. Penambahan ketebalan landasan itu menjadikan Bandara Husein bisa didarati oleh pesawat berukuran lebih besar dari pesawat yang beroperasi selama ini.

Air Asia cukup lama berharap bisa mendaratkan pesawat A-320 di Bandung, namun baru di pertengahan semester pertama 2011 ini bisa direalisasikan.

Bandara Husein saat ini melayani empat rute mancanegara yakni tiga jadwal perjalanan Bandung - Kuala Lumpur yang diterbangi Air Asia dan Malaysia Air serta rute Bandung - Singapura yang diterbangi Air Asia.

Sedangkan penerbangan domestik antara lain Bandung - Batam Air Asia dan Merpati, Bandung Yogyakarta Batavia dan Merpati, Bandung - Surabaya (Merpati).

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011