Bandung, 24/2 (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan PT Medco Power Indonesia, melakukan penandatangan kerja sama (MoU) untuk pengelolaan sampah menjadi energi.

"Secara luas wilayah Cimahi memang kecil, tapi produksi sampah Cimahi dalam satu harinya mencapai 120 hingga 500 ton," kata Wali Kota Cimahi Itoc Tochija, di Gedung PLN Kampus ITB, Jalan Ganesha Bandung, Kamis.

Itoc mengatakan, dengan adanya kerja sama tersebut nantinya akan dibangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan bahan bakar dari sampah.

Menurutnya, untuk tahap awal ITB dan PT Medco Power akan melakukan survei atau kajian tentang pengelolaan sampah menjadi energi di Kota Cimahi.

"Tentunya, untuk langkah pertama kami akan melakukan pengkajian terlebih dahulu ke lapangan dan masyarakat," kata Itoc.

Ia berharap, pengerjaan proyek pengelolaan sampah menjadi energi yang dilakukan oleh Pemkot Cimahi, ITB dan PT Medco Power ini bisa direalisasikan tahun 2012.

"Mudah-mudahan riset atau kajiannya selesai tahun ini sehingga tahun depan sudah bisa dimulai," ujarnya.

Sementara itu, CEO Medco Power Indonesia Fazil Erwin Alfitri, berharap, proyek kerja sama yang melibatkan tiga lembaga berbeda ini bisa menjadi percontohan yang bisa menjadi awal dari pemanfaatan sampah yang selama ini selalu jadi masalah.

"Salah satu komitmen dari kami ialah memproduksi listrik dengan basis 'clean energy' secara efisien dan profesional," kata Faizal Erwin Alfitri.

Penandatangan MoU tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Seminar "ITB Terpanggil, Masa Depan Listrik Indonesia" yang rencananya akan dilakukan pada bulan Mei 2011.

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011