Bandung, 19/1 (ANTARA) - Duta Bahasa Jawa Barat dikerahkan menjadi mentor bahasa daerah bagi pada calon dokter Universitas Padjadjaran Bandung yang akan diterjunkan ke daerah.

"Balai Bahasa Bandung bekerjasama dengan kedokteran Unpad untuk membekali para calon dokternya bahasa daerah, kami kerahkan pada duta bahasa menjadi mentor mereka," kata Kepala Balai Bahasa Bandung, M Abdul Khak di Bandung, Rabu.

Duta Bahasa itu kata dia, adalah mereka yang tepilih dalam pemilihan yang digelar setahun sekali untuk tingkat Jawa Barat. Para duta bahasa itu memiliki kemampuan menguasai sejumlah bahasa terutama bahasa daerah Bahasa Sunda sebagai salah satu persyaratan utamanya.

Selain memiliki kemampuan bahasa yang baik, pada Duta Bahasa juga memiliki penampilan yang menarik dan komunikatif dalam melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Pemberian muatan lokal Bahasa Sunda bagi mahasiswa kedokteran Unpad dilakukan untuk menyiapkan kemampuan bahasa mereka sebelum bertugas di daerah khususnya di wilayah Jabar," kata M Abdul Khak.

Menurut dia, upaya melibatkan Duta Bahasa menjadi mentor bagi pada calon dokter itu lebih efektif dan mudah diterima karena berusia sama dengan mereka.

"Duta Bahasa kan seusia pada calon dokter itu, sehingga mereka bisa lebih efektif memahami pelajaran bahasa yang diberikan," katanya.

Sementara itu pemilihan Duta Bahasa Jabar 2011 rencananya akan digelar pada Juli mendatang dengan persyaratan utama menguasai Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda serta menguasai satu bahasa asing secara baik.

"Duta Bahasa bukan kegiatan ceremonial saja, namun pemenangnya punya tugas untuk mensosialisasikan penggunaan bahasa dengan baik kepada masyarakat," kata Kepala Balai Bahasa Bandung itu menambahkan.

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011