Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Padamulya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, menjadi desa pertama di Cianjur yang memiliki usaha SPBU Pertamina Desa (Pertades), sehingga warga dapat dengan mudah mendapatkan BBM berbagai jenis.

Manager Pertades Wilayah Jawa Barat, Yudi Kusniadi saat dihubungi, Kamis, mengatakan peletakan batu pertama pembangunan SPBU Pertades Bumdes Sauyunan Pasirkuda, sebagai bentuk bidang usaha jasa yang memudahkan warga sekitar mendapatkan BBM.

"Selama ini, Pertades memiliki visi misi yang sesuai dengan amanah UU BPH MIGAS NO 6 Tahun 2015. Sehingga keberadaanya dapat menjangkau desa terluar, terjauh dan terdalam yang tidak tersentuh SPBU Pertamina," katanya.

Ia menjelaskan, dibangunnya SPBU Pertades pertama tersebut, merupakan percontohan untuk desa lain yang selama ini, tidak tersentuh SPBU besar yang biasa berdiri di pusat kecamatan, sehingga pihaknya akan mengembangkan SPBU Pertades di beberapa desa lainnya di Cianjur.

Upaya tersebut, sebagai bentuk memudahkan warga dan membantu Bumdes yang ada dalam pengembangan usaha, sehingga pihaknya menargetkan dalam beberapa tahun ke depan, masing-masing desa dapat bekerjasama dalam mendirikan Pertades.

"Untuk pertengahan tahun ini, kita membangun dua SPBU Pertades di dua desa di selatan Cianjur, hari ini, peletakan batu pertama di Pasirkuda yang dihadiri Forkopimcam. Sehingga dalam beberapa bulan ke depan sudah dapat diresmikan," katanya.

Kepala Desa Padamulya, Parno, mengatakan dengan dibangunnya SPBU Pertades Bumdes Sauyunan, dapat meringankan kesulitan warga dalam mendapatkan BBM berbagai jenis yang selama ini, dibeli dari pengedar dengan harga lebih mahal dari SPBU.

"Kami tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pertades karena untuk sampai ke SPBU sangat jauh. Selama ini, warga membeli BBM dari pengencer yang harganya cukup tinggi, harapan kami, keberadaan SPBU Pertades menjadi solusi bagi warga," katanya.

Baca juga: Pertamina dan Hiswana Migas gelar pelatihan juru takar bagi operator SPBU di Purwakarta

Baca juga: Dirgahayu ke-63, Pertamina beri penghargaan untuk petugas SPBU
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021