Bandung, 18/11 (ANTARA) - Pemerinah Provinsi Jawa Barat, menyalurkan hewan kurban berupa sapi kepada 20 media massa dan empat mantan Gubernur Jawa Barat pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1431 Hijriah.

"Selain kepada yang membutuhkan, untuk Idul Adha atau kurban kali ini, memang ada penyaluran hewan kurban sapi kepada media massa dan empat mantan Gubernur yakni R Nuriana, Danny Setiawan, Yogi S Memet dan Solihin GP," kata Kepala Bagian Agama Biro Sosial Pemprov Jawa Bara, Dadi Iskandar, di Bandung, Kamis.

Dadi menjelaskan, pemberiaan hewan kepada media massa dan keluarga mantan Gubernur Jawa Barat ialah sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jabar terhadap pihak-pihak yang selama ini telah menjalin kerjasama.

"Pemberian ini murni sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pihak-pihak yang telah menjalani kerjasama dengan kami, tidak ada unsur lain," ujarnya.

Dikatakannya, menyalurkan hewan kurban dari Pemerintah Provinsi Jabar menggunakan mekanisme hibah dengan menunjuk tiga lembaga pengelola zakat terkemuka, yakni Rumah Zakat, PKPU dan Percikan Iman.

Ketiga lembaga tersebut, kata Dadi, menyalurkan hewan kurban sebanyak 282 ekor sapi dan 325 ekor kambing yang menghabiskan dana sekitar Rp4 miliar.

Selain menyalurkan kepada media massa dan keluarga mantan Gubernur, pada Idul Adha kali ini Pemprov Jawa Barat juga menyalurkan hewan kurban kepada pesantren, LSM, ormas dan pihak lainnya yang membutuhkan.

"Untuk Idul Adha kali ini, ada tiga lembaga yang ditunjuk langsung oleh Gubernur untuk menyalurkan hewan kurban dari Pemprov Jabar," katanya.

Sementera itu, Marketing Rumah Zakat Jawa Barat, Yudhi Juliana, membenarkan bahwa telah ditunjuk langsung oleh Gubernur Jabar untuk menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat di Jawa Barat.

"Untuk Idul Adha tahun ini, kami mendapatkan titipan amanah dari Gubernur Jabar untuk menyalurkan 150 ekor sapi dan 151 ekor kambing kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil yang ada di Jabar," kata Yudhi.

Pihaknya menegaskan, hanya menyalurkan saja hewan kurban tersebut karena rincian penerima hewan kurban dari Pemprov Jabar sudah ditentukan oleh Gubernur.

"Daftar siapa saja penerimanya, itu sudah ditentukan oleh Gubernur sendiri, kami hanya menyalurkannya saja," katanya.***3***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010