Bandung, 22/10 (ANTARA) - Jawa Barat memiliki Perpustakaan Kerajinan yang akan menjadi rujukan maupun literatur bagi para pengrajin di provinsi itu.

"Fasilitas perpustakaan diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pengrajin di Jabar untuk lebih mengenal seluk beluk kerajinan yang disajikan dari berbagai rujukan dan literatur," kata Ketua Dekranasda Jabar H Netty Prasetyani Heryawan di Bandung, Jumat.

Perpustakaan Kerajinan Jawa Barat yang baru diluncurkan itu terletak di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat di Jalan H Juanda Kota Bandung.

Menurut Netty, Perpustakan Kerajinan Jawa Barat kelak menjadi rujukan informasi para pengrajin.

Gedung Dekranasda , kata dia, harus mampu menghadirkan beragam informasi seputar kerajinan di Jawa Barat.

Sebagai rumah pengrajin dan publik, berfungsi memberikan pengetahuan seputar kerajinan Jawa Barat. Sehingga sudah selayaknya memiliki perpustakaan sendiri.

"Dengan koleksi tentang kerajinan, seni budaya, bisnis, manajemen usaha, literasi dalam bentuk buku maupun digital, perpustakaan ini diharapkan menjadi referensi bagi para pegiat di dalamnya," kata Netty.

Istri Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan itu mengatakan, perpustakaan adalah tempat disajikannya banyak informasi yang diolah dan dikelola secara profesional.

Menurut dia, informasi yang ada seputar kerajinan, bukan sekadar dikumpulkan untuk dijadikan arsip atau koleksi, tapi juga disampaikan kepada masyarakat luas. ***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010