Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Bandung meminta kembali kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker di masa pandemi COVID-19 meski telah menerima vaksinasi.

"Jangan dianggap setelah kita divaksin kekebalan tubuh tinggi sekali, tidak. Tapi setelah divaksin, kita kuat untuk menghadapi COVID-19, namun dengan catatan kita juga harus selalu menggunakan masker," kata Hadi saat meninjau vaksinasi masyarakat umum di Sudirman Ballroom, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Dia bersyukur pelaksanaan vaksinasi yang digelar oleh TNI-Polri di Sudirman Ballroom cukup mendapat antusias daripada masyarakat luas.

Target vaksinasi yang digelar di lokasi tersebut merupakan masyarakat di daerah Bandung Raya dan sekitarnya. Menurut Hadi, pelaksanaan vaksinasi di lokasi itu akan berjalan selama dua hari.

"Kemungkinan puluhan ribu yang akan melaksanakan vaksin mulai hari ini dan besok," kata Hadi.

Sementara itu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan saat ini laju pertumbuhan COVID-19 di Indonesia memang tengah mengalami peningkatan pasca lebaran dan arus balik.

Maka dari itu, menurutnya program vaksinasi yang digagas TNI-Polri ini merupakan upaya untuk mempercepat vaksinasi massal selain yang juga telah dilaksanakan oleh pemerintah.

Senada dengan Hadi, Sigit pun meminta kepada masyarakat yang telah divaksin agar terus berdisiplin menggunakan masker sebagai upaya memerangi COVID-19.

Karena berdasarkan penelitian WHO, menurutnya efektivitas penggunaan masker dalam mencegah COVID-19 itu sebesar 95 persen.

"Jadi jaga jarak, pakai masker, terus dilaksanakan. Karena masyarakat sudah mulai jenuh menggunakan masker, jadi kita ingatkan kembali," kata Kapolri.

Baca juga: Panglima TNI Hadi Tjahjanto tinjau "Serbuan Vaksinasi" di Kota Bandung

Baca juga: Panglima TNI Hadi Tjahjanto pimpin sertijab Kasum dan Aspers
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021