Polres dan Pemkab Cianjur, Jawa Barat, membentuk tim patroli khusus untuk mengimbau warga tidak menggelar takbiran keliling pada malam Idul Fitri, sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 dan kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai, saat dihubungi di Cianjur, Rabu, mengatakan takbiran dapat dilakukan di masjid, lingkungan sekitar dan rumah masing-masing, sebagai upaya bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 karena di Cianjur masih terjadi penularan.

"Untuk kesehatan bersama dan antisipasi tertular virus berbahaya, takbir keliling tidak dilakukan di jalan dengan cara konvoi. Kami akan tindak tegas kalau ada yang tetap membandel," katanya.

Pihaknya akan menyiagakan personel untuk patroli membubarkan kendaraan yang melakukan takbir keliling di seluruh wilayah Cianjur.

Bahkan berbagai penyekatan dilakukan dengan melibatkan jajaran polres, agar konvoi takbir keliling tidak dilakukan warga dari berbagai daerah.

Ia menjelaskan takbir keliling dengan mengunakan mobil bak terbuka, juga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan, sehingga warga diimbau tidak melakukan takbir keliling.

Kegiatan itu menimbulkan kerumunan dan dapat menyebabkan kecelakaan karena kendaraan bak terbuka dilarang membawa penumpang.

"Kami siapkan patroli khusus untuk memantau agar tidak ada takbiran keliling. Patroli khusus akan mengimbau dan mengedukasi warga agar melakukan takbir di masjid atau di lingkungan sekitar tempat tinggal," kata Rifai.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan untuk antisipasi agar warga tidak melakukan konvoi kendaraan dalam rangka takbir keliling, pihaknya sejak jauh hari telah mengeluarkan imbauan melalui kecamatan dan desa, agar melarang warga melakukan konvoi yang dapat menimbulkan keramaian.

"Larangan ini untuk mengingatkan warga kalau pandemi masih terjadi. Lebih baik mencegah dari pada terpapar virus berbahaya, lebih baik melakukan takbir di masjid atau lingkungan tempat tinggal masing-masing," katanya.

Baca juga: Jalan perkotaan di Garut macet jelang malam takbiran

Baca juga: Polres Bekasi larang takbir keliling malam Lebaran

Baca juga: Pemkab Bogor larang takbir keliling malam Lebaran

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021